Relawan Indonesia Gandeng Pramuka Pakistan Bantu Korban Banjir Bandang

146
Relawan Indonesia Eko Sulistio gandeng Pramuka Pakistan bantu korban banjir bandang

Jakarta, Muslim Obsession – Dalam menjalankan misinya, relawan Indonesia Eko Sulistio mengandeng Pramuka Pakistan untuk ikut mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada para korban banjir bandang Pakistan di berbagai titik atau distrik.

Eko Sulistio adalah salah satu relawan Indonesia yang sudah lebih dulu berada di lokasi bencana banjir bandang untuk membantu saudara-saudara Muslim di sana yang sangat membutuhkan uluran tangan dari masyarakat dunia.

Mengingat wilayah becana yang sangat luas, Eko menyatakan dirinya tidak bisa sendirian dalam menjalankan tugasnya. Ia pun melibatkan Pramuka Pakistan untuk membantu mendistribusikan bantuan agar bisa lebih cepat dan masif.

Baca juga: Musim Dingin, Relawan Indonesia Kirim Bantuan untuk Rakyat Palestina dan Suriah

Baca juga: Ada 4,4 Juta Pengungsi Palestina di Jordania, Rakyat Indonesia Kirim Bantuan

Terlebih Eko sendiri mantan Andalan Nasional Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana) Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, dan sejak dulu aktif dalam misi kemanusiaan di berbagai negara dunia, seperti Palestina, Jordania, Somalia, Jepang, Myanmar dll.

“Jadi kebetulan karena saya dulu juga di Pramuka sebagai Andalan Nasional Kwarnas, maka dalam misi kemanusiaan ini saya merasa perlu mengajak kakak-kakak Pramuka di sini untuk ikut membantu dalam mendistribusikan bantuan kepada masyarakat korban bencana banjir bandang,” ujar Eko saat dihuhungi redaksi, Selasa (27/8).

Sama halnya di Indonesia, Pramuka di Pakistan kata Eko, juga selalu aktif dalam membantu penanganan kebencanaan. Karena di Pramuka memang dididik untuk saling membantu dan menolong tanpa pamrih, seperti tertuang dalam Dasa Dharma.

Baca juga: Rakyat Palestina Ucapkan Terima Kasih Selalu Dibantu Masyarakat Indonesia

Baca juga: Ribuan Pengungsi Muslim Somalia dapat Bantuan Daging Kurban dari Indonesia

“Pramuka dimana-mana memang seperti itu, diminta atau tidak diminta mereka selalu datang ke daerah bencana untuk membantu masyarakat. Baik di Indonesia atau di luar negeri sama, karena sejak dini sudah dididik untuk menolong terhadap sesama, seperti tertuang dalam dasa dharma Pramuka Rela menolong dan tabah,” jelas Eko.

Eko menuturkan, keterlibatan Pramuka di sini mulai dari evakuasi, ikut meembantu warga membersihkan material, dan juga mendistribusikan bantuan. Pihaknya pun merasa terbantu dengan kehadiran para anggota Pramuka di sana.

Tak lupa, Eko juga memberikan bantuan uang tunai, dan sembako kepada rekan-rekan Pramuka di sana yang ikut terkena dampak dari bencana banjir bandang Pakistan. Banyak rumah-rumah anggota Pramuka yang ikut hanyut terbawa deras air sungai dalam bencana yang terjadi pada Agustus kemarin.

“Kita berikan uang, bantuan sembako dan juga tenda darurat untuk para anggota Pramuka di sana, karena banyak juga rumah-rumah para anggota Pramuka ini yang hancur tersapu derasnya arus sungai. Kita berikan melalui Brother Sardar Waqar yang menjabat sebagau National Commissioner Friends Of Scouting,” jelas Eko.

Eko sendiri sudah satu bulan berada di Pakistan, ia mendistribusikan ribuan paket makanan, obat-obatan dan juga tenda darurat untuk para korban banjir bandang. Ia terus bergarak dari satu lokasi ke lokasi lain, karena hampir 70 persen wilayah Pakistan terkena dampak dari bencana tersebut.

“Kita masih terus bertahan di sini dari satu lokasi ke lokasi lain karena cangkupan bencana banjir bandang ini sangat luas. Banyak juga korban belum ditemukan karena minimnya alat berat untuk mengangkat material,” ujar Eko. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here