Balas Serangan Iran, Israel Luncurkan Rudal Balestik

Balas Serangan Iran, Israel Luncurkan Rudal Balestik

Jakarta, Muslim Obsession - Seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) menyebutkan, Israel meluncurkan rudal ke wilayah Iran pada Jumat (19/4/2024) dini hari waktu setempat. Peluncuran rudal ini sebagai balasan atas serangan Iran pada Sabtu (13/4/2024).

Akibat serangan Israel ini, beberapa ledakan disebut terdengar di Kota Isfahan. Menurut laporan media lokal, penduduk distrik Zardanjan di Isfahan mendengar suara beberapa ledakan pada pukul 4.30 pagi, di dekat fasilitas nuklir.

Iran Press TV juga melaporkan ledakan terdengar di dekat pusat kota. Situs web pelacakan penerbangan Flight Radar 24 menunjukkan beberapa penerbangan dialihkan melalui wilayah udara Iran pada Jumat pagi.

Dikutip dari Suwayda24, ada laporan awal ledakan keras di wilayah selatan Provinsi Suwayda, Suriah. Laman berita itu juga mengonfirmasi adanya pesawat tempur yang melakukan serangan udara di lokasi militer antara Provinsi Daraa dan Suwayda.

Intensitas penerbangan pesawat tempur juga dilaporkan di Erbil dan Mosul, Irak, dikutip dari Sky News Arabia. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Kamis (18/4/2024) memperingatkan Israel agar tidak mengambil tindakan militer apa pun terhadap Iran.

"Jika rezim Israel kembali melakukan petualangan dan mengambil tindakan yang bertentangan dengan kepentingan Iran, tanggapan kami selanjutnya akan segera dan pada tingkat maksimum," kata Hossein, dikutip dari CNN.

Menurutnya, Iran dengan tulus berharap Israel tidak mengulangi kesalahan besar sebelumnya. Ini merujuk pada serangan Israel terhadap kompleks kedutaan Iran di Damaskus, Suriah.

"Kami telah mengumumkan ke Gedung Putih, mengirim pesan ke Gedung Putih dan Washington DC, pemerintahan kami telah menegaskan kembali bahwa jika rezim Israel melakukan kesalahan besar sekali lagi, tanggapan kami akan tegas, definitif," ujarnya.