Gus Baha Sebut Kiamat Masih Jauh Selama Masih Ada 3 Hewan

Gus Baha Sebut Kiamat Masih Jauh Selama Masih Ada 3 Hewan

Jakarta, Muslim Obsession - Kiamat adalah sesuatu yang misteri, tidak ada yang tahu kapan terjadi. Hanya Allah lah yang mengetahui. Manusia melalui Nabi Muhammad hanya dikasih tahu tanda-tanda kiamat akan tiba.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, bahkan menyebut kiamat tidak akan terjadi selama masih ada tiga hewan ini. Pasalnya hewan-hewan ini masih dijadikan sebagai bahan makanan dan sumber nutrisi penting bagi manusia.

“Kiamat masih belum akan terjadi jika masih ada 3 jenis hewan berikut ini di muka bumi,” kata ahli Al-Qur'an tersebut. Dilansir dari akun channel YouTube Santri Gayeng.

Menurut ulama asal Rembang itu, dalam ilmu fiqih, ada tiga hewan yang dimaksud yang menghambat munculnya hari kiamat yaitu unta, sapi, dan kambing.

Orang awam berpendapat, ketiga hewan ini selain untuk konsumsi, pemenuhan nutrisi banyak juga yang memandangnya sebagai hewan yang memiliki polah dan tingkah lucu.

“Selama Allah masih menciptakan hewan yang bisa dimakan manusia. Itu berarti Allah masih ingin manusia hidup,” ucap Gus Baha.

Oleh karena ini menunjukkan bahwa Allah SWT masih ingin manusia itu hidup dan tidak ingin menyiksa manusia.

“Selama masih ada dabbah, yakni hewan apa saja yang menjadi sumber energi manusia. Itu berarti Allah masih belum ingin menyiksa manusia (kiamat),” jelasnya.