Mbah Benu Nyatakan Kembali pada Ajaran Al-Haq

Mbah Benu Nyatakan Kembali pada Ajaran Al-Haq

Yogyakarta, Muslim Obsession - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (PWNU DIY) telah bertabayun dengan KH Ibnu Hajar Pranolo (Mbah Benu) di kediamannya, di Padukuhan Panggang III, Kelurahan Giriharjo, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Ahad (7/4/24).

Tabayun ini dilakukan setelah viralnya video Mbah Benu yang mengaku menelepon Allah swt untuk penentuan 1 Syawal 1445 H. Dalam pertemuan itu, Mbah Benu menyatakan berkomitmen kembali kepada ajaran al-haq, yaitu ajaran yang bersumber Al-Qur'an dan hadist.

Mbah Benu juga sudah menyatakan akan tetap berkomitmen untuk menjaga persatuan dan keutuhan NKRI tanpa membuat ucapan dan tindakan yang kontroversial.

Ketua PWNU DIY, KH Ahmad Zuhdi Muhdlor, mengatakan tabayun dilakukan epada Mbah Benu yang sudah meresahkan melalui video kontroversial yang mengaku menelepon Tuhan. "Dari PWNU itu kita mengutus Tim Aswaja Center dan LPBH, lembaga bantuan hukum kita. Terus didampingi PCNU Gunungkidul," kata Kiai Zuhdi,

Lebih lanjut, Zuhdi mengatakan PWNU merasa perlu mengingatkan Mbah Benu terkait pernyataannya yang viral beberapa hari terakhir. Hal tersebut dilakukan agar Mbah Benu dengan umat Islam tidak terjebak pada pemahaman dan kepada akidah yang salah.

"Karena dalam pandangan kami kajian kami memang dari beberapa statemen beliau itu ada titik-titik yang sangat rawan yang bisa berakibat fatal dan itu dalam tanda kutip salah, sehingga kita sesama umat perlu mengingatkan agar tidak terjebak lebih jauh ke dalam kesalahan,” ucapnya.