Kapal Perang Rusia Merapat ke Laut Mediterania, Usai Serangan Iran ke Israel

Kapal Perang Rusia Merapat ke Laut Mediterania, Usai Serangan Iran ke Israel

Jakarta, Muslim Obsession - Usai Iran menyerang Israel pada Sabtu (13/4) malam waktu setempat, sebuah kapal perang milik Angkatan Laut Rusia yang dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal memasuki Laut Mediterania melalui Terusan Suez pada Ahad (14/4).

Pengerahan rudal hipersonik itu di Laut Mediterania setelah serangan Iran ke Israel.

Dikutip Reuters, pihak Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan kapal perang Marshal Shaposhnikov hadir sebagai bagian dari latihan yang telah direncanakan.

Pihak Rusia mengatakan kapal perang ini akan terus melaksanakan tugas yang diberikan berdasarkan rencana ekspedisi. Namun mereka tidak memberikan rincian.

Kapal perang Marshal Shaposhnikov merupakan kapal perusak kelas yang dimodernisasi sebagai fregat. Kapal ini bertugas di Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia sejak tahun 1985 silam.

Kapal ini sempat menggelar latihan anti-kapal selam di Laut China Selatan pada awal Februari 2024 lalu.

Di sisi lain, Garda Revolusi Iran (IRGC) sempat melepaskan serangan pesawat nirawak (drone) hingga roket ke Israel pada Sabtu malam tadi.

Tindakan tersebut merupakan reaksi atas serangan mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah, Senin (1/4) lalu.

Meski diserang, sistem pertahanan anti-misil Israel telah menghalau sebagian besar serangan udara Iran tersebut. Hingga saat ini pihak militer Israel mengklaim serangan hanya merusak salah satu pos militer mereka.