Geser Indonesia, Pakistan Jadi Negara Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia

Geser Indonesia, Pakistan Jadi Negara Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia

Jakarta, Muslim Obsession - Pakistan kini resmi menjadi negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia. Mereka menggeser Indonesia yang sebelumnya berada di peringkat pertama dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia.

Dihimpun dari World Population Review, Kamis (4/4/2024), pada tahun 2024 ini Pakistan tercatat memiliki 240,8 juta penduduk Muslim. Sedangkan Indonesia dihuni 236 juta penduduk Muslim.

Hal tersebut membuat Pakistan menjadi negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia untuk saat ini. Sekaligus mengalahkan Indonesia yang sebelumnya telah lama meraih predikat negara Muslim terbanyak di dunia.

Dijelaskan bahwa terdapat lebih dari 2 miliar umat Islam di dunia. Ini menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen. Namun, banyak peneliti memproyeksikan jumlah Muslim akan melebihi jumlah umat Kristen pada tahun 2050.

Meskipun umat Islam dapat ditemukan di seluruh dunia, mayoritasnya tinggal di Afrika bagian utara dan tengah, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Banyak negara di kawasan tersebut yang 90 persen penduduknya beragama Islam, termasuk Mesir, Afghanistan, Suriah, Pakistan, Turki, dan Iran.

Negara mana pun yang penduduknya 50 persen atau lebih beragama Islam dianggap sebagai negara mayoritas Muslim.

Berikut ini deretan 10 negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia:

1. Pakistan: 240,8 juta jiwa

2. Indonesia: 236 juta jiwa

3. India: 200 juta jiwa

4. Bangladesh: 150,8 juta jiwa

5. Nigeria: 97 juta jiwa

6. Mesir: 90 juta jiwa

7. Turki: 84,4 juta jiwa

8. Iran: 82,5 juta jiwa

9. China: 50 juta jiwa

10. Aljazair 43,7 juta jiwa.