Jokowi Imbau Seluruh Pejabat dan ASN Tunaikan Kewajiban Zakat

Jokowi Imbau Seluruh Pejabat dan ASN Tunaikan Kewajiban Zakat

Jakarta, Muslim Obsession - Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi mengimbau kepada seluruh umat Islam khususnya pejabat-pejabat negara aparatur sipil negara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan seluruh kepala daerah dan ASN untuk menunaikan kewajiban zakat.

Ia mendorong pembayaran zakat melalui Badan Amal dan Zakat Nasional (Baznas) sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional transparan.

"Di bulan Ramadan yang suci ini kita diajarkan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala bukan hanya dengan berpuasa, tapi juga dengan memperbanyak amalan-amalan, berlomba-lomba berbuat kebaikan termasuk berinfak sedekah dan juga berzakat," ujar Presiden Jokowi saat menyerahkan zakat pada Baznas, Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/3).

Presiden mengatakan zakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur rasa terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau berbagi rezeki dan berbagi kebahagiaan, menafkahkan sebagai harta kita untuk diberikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Pemerintah, ujarnya, terus berikhtiar dengan sekuat tenaga untuk mengurangi angka kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem. Ikhtiar itu, sambungnya, membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak, termasuk melalui penghimpunan dan penyaluran dengan zakat infak dan sedekah oleh badan amil zakat nasional Baznas.

Presiden juga berpesan agar dana zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan keberkahan kepada kita semuanya."Semoga zakat yang kita keluarkan akan menyempurnakan ibadah puasa kita, menyempurnakan ketakwaan kita kepada Allah," tukas Jokowi.