Wagub Jabar Beri Syarat Khalid Basalamah Bisa Ceramah di Al Jabbar

Wagub Jabar Beri Syarat Khalid Basalamah Bisa Ceramah di Al Jabbar

Jakarta, Muslim Obsession - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum memberikan syarat agar penceramah Khalid Basalamah bisa mengisi ceramah di Masjid Al Jabbar. Wakil Ketua DKM Masjid Raya Al Jabbar ini meminta konten ceramah harus menyejukkan.

Menurut Uu, Madjid Masjid Raya Al Jabbar merupakan tempat ibadah milik seluruh umat Islam. Sehingga, tidak ada larangan untuk pemuka agama menggunakan masjid tersebut. Hanya saja, isi ceramahnya harus membangun kesadaran keimanan, ketakwaan, rasa nasionalisme, dan kebangsaan.

"Sepanjang itu membawa kemaslahatan dan membawa tidak kemudaratan, tidak bertentangan dengan dasar negara, dan tidak membuat perpecahan, saya kira sah-sah saja, tidak masalah," ujar Uu saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/3/2023).

Meski begitu, Uu melarang penggunaan Masjid Raya Al Jabbar untuk memecah belah umat Islam melalui ceramahnya. Dia meminta Al Jabbar harus menjadi tempat yang menyejukkan umat.

"Sekalipun mengaku sebagai ormas Islam, tapi kalau ceramahnya hanya untuk memecah belah umat, menjelek-jelekkan kelompok satu dengan kelompok lain, saya tidak rela," ucapnya.

Uu menegaskan, Ustad Khalid Basalamah bisa saja menggunakan Masjid Al Jabbar sebagai tempat berceramah. Namun, ditegaskannya konten atau isi ceramah jangan membuat kegaduhan di tengah umat.

"Sepanjang ceramahnya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, sah digunakan. Kalau isi ceramahnya memecah belah umat, setelah beres ceramah umat jadi benci satu sama lain, saya tidak mengizinkan," katanya.

Untuk saat ini, Masjid Al Jabbar masih ditutup untuk masa perawatan dan persiapan aturan. Pemprov Jabar kemungkinan akan membuka pada awal bulan ramadan.

"Masjid Raya Al Jabbar ditutup sampai awal bulan ramadan. Bukan berarti kami menutup beliau (Ustaz Khalid Basalamah) tapi sebelum beliau ingin berceramah juga sudah ditutup," katanya.

Seperti diketahui, rencana Ustaz Khalid Basalamah mengisi ceramah di Masjid Raya Al Jabbar pada acara Gazwah Weekend Festival pada Sabtu (18/3/2023). Kegiatan ini diprotes oleh anggoa GP Ansor, Afif Fuad Saidi melalui akun Twitter @AfifFuadS, Sabtu (11/3/2023).

Menurutnya, Ustad Khalid Basalamah dianggap salafi yang bisa memunculkan keresahan masyarakat. Dia juga menyampaikan langsung kepada Ridwan Kamil melalui cuitan.

"Pak @ridwankamil Saya kecewa kpd Bapak, sumpah. Ini masjid pemprov, dan ngasi panggung ke Khalid Baasalamah, karep e smean gimana?" katanya.