Jokowi Mulai Pilih Pengganti Anies Jadi Gubernur DKI dari Kalangan ASN

Jokowi Mulai Pilih Pengganti Anies Jadi Gubernur DKI dari Kalangan ASN

Jakarta, Muslim Obsession - Presiden Joko Widodo mengaku sedang memilih dan mempersiapkan aparatur sipil negara (ASN) untuk menggantikan kepala daerah yang akan habis masa jabatannya, termasuk untuk jabatan Gubernur DKI pengganti Jakarta Anies Baswedan.

Jokowi tak membeberkan nama ataupun kriteria calon penjabat (Pj.) kepala daerah. Dia hanya memastikan proses sedang berlangsung. "Ya, dalam proses persiapan nama-nama dulu," kata Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Nasdem Tower di Jakarta, Selasa (22/2).

Pada pertemuan dengan sejumlah pimpinan media massa di Istana beberapa waktu lalu, Jokowi juga bicara soal Pj. kepala daerah dari kalangan TNI-Polri. Dia merespons wacana yang bergulir usai pernyataan Kementerian Dalam Negeri.

Kala itu, Jokowi tak menjawab tegas apakah akan melantik Pj. kepala daerah dari TNI ataupun Polri. Jokowi hanya merujuk kembali pada aturan perundang-undangan.

"Pejabat TNI-Polri aktif tidak mungkin menjadi penjabat kepala daerah tingkat I, UU-nya tidak memungkinkan," tutur Jokowi pada acara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1).

Sebelumnya, sejumlah pakar membicarakan proses peralihan kepemimpinan di daerah jelang 2024. UU Pilkada mengatur tidak ada pilkada pada 2022 dan 2023.

Untuk mencegah kekosongan kepemimpinan, pemerintah daerah diberi wewenang untuk menunjuk penjabat kepala daerah dari ASN. Presiden berwenang menentukan Pj. gubernur, sedangkan Mendagri berwenang menunjuk Pj. bupati dan wali kota. (Albar)