Pemindahan ASN ke IKN di Kaltim Dimulai Tahun Ini

Pemindahan ASN ke IKN di Kaltim Dimulai Tahun Ini

Jakarta, Muslim Obsession - Pemerintah sudah memulai proses pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke wilayah di Kalimantan Timur pada tahun ini. Baik dari sisi kesiapan infrastruktur dasar, hingga pemindahan aparatur sipil negara (ASN).

Plt Direktur Regional II Bappenas, Mohammad Roudo mengatakan pemindahan IKN dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap awal pemindahan ASN sudah dimulai dari 2022 hingga 2024. Pelaksanaannya dilakukan bertahap.

"Secara bertahap ASN-nya juga akan bergerak ke sana. Mungkin tidak semuanya langsung akan pindah," kata Roudo, dalam keterangan resminya Kamis (3/2).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga menargetkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur rampung sebelum 16 Agustus 2024. Saat ini, proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) telah dimulai.

"Presiden merencanakan untuk pindah sebelum 16 Agustus 2024, tapi kita masih lihat dulu seperti apa kondisinya," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Regional II Bappenas, Mohammad Roudo dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Rabu (2/2).

Roudo menjelaskan, berdasarkan masterplan untuk pemindahan tahap awal tahun 2022-2024, pemerintah membangun infrastruktur dasar seperti air hingga energi untuk penduduk.

Selain itu, pada tahap awal juga pemerintah bakal membangun Istana Kepresidenan hingga gedung-gedung perkantoran.

Kemudian, beranjak pada 2025-2035, fokus pembangunan IKN yakni penyelesaian pemindahan. Pada tahap ini, pemerintah mulai menarik pihak swasta untuk membangun gedung-gedung mereka di kawasan IKN. (Albar)