Jakarta Punya 60 Angkot Mewah, Fasilitas Ful AC dan ada CCTV

Jakarta Punya 60 Angkot Mewah, Fasilitas Ful AC dan ada CCTV

Jakarta, Muslim Obsession - Ibu Kota Jakarta kini punya 60 unit Mikrotrans ber-AC atau angkot dengan spesifikasi mewah. Kendaraan umum ini resmi mengaspal di Jakarta, Jumat (28/1). Puluhan unit angkot yang juga dilengkapi kamera pengintai (CCTV) itu akan beroperasi di beberapa rute trayek.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Mikrotrans baru ditempatkan di tiga stasiun, yakni Stasiun Tebet, Stasiun Tanah Abang, dan Gondangdia dalam rangka integrasi layanan angkutan umum dengan KRL.

Namun, ia mengatakan Pemprov DKI bakal menambah jumlah armada Mikrotrans.

"Kawasan stasiun yang sudah dilakukan penataan, kemudian ada trayek diprioritaskan untuk mengisi kekosongan layanan yang belum dilayani TransJakarta," kata Syafrin di Stasiun Gondangdia, Jakarta, Jumat (28/1).

"Itu dalam rangka memenuhi aspek cakupan area layanan 95 persen sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam RPJMD yg hari ini menjadi program gubernur," tuturnya.

Berdasarkan penjelasan Dishub DKI Jakarta di akun Instagram, @dishubdkijakarta, Mikrotrans memiliki AC, artinya penumpang bisa merasa adem di dalam mobil ketika cuaca sedang panas.

Lalu dijelaskan kapasitas Mikrotrans sembilan hingga 11 penumpang. Setiap kursi disebut berjarak 40 cm dan setiap penumpang mendapatkan sabuk pengaman.

Suasana kabin tipe sembilan penumpang yang diunggah terlihat konfigurasi jok untuk penumpang berhadap-hadapan seperti angkot pada umumnya. Delapan jok di kabin belakang, sementara satu penumpang di samping sopir.

Kemudian, sabuk penumpang yang diberikan jenis dua titik, artinya hanya melingkar di pinggang tanpa tali memeluk dada. Selain itu terlihat juga kabin memiliki jendela yang tak bisa dibuka dan lantai beraksentuasi kayu.

Bagian lain yang menarik adalah angkot ini dipasang empat CCTV, satu menyorot ruang pengemudi, satu menyorot kabin, satu menyorot area jalan di depan mobil, dan satu menyorot area jalan di belakang mobil.

Lalu angkot ini juga punya monitor yang dipasang di sekat antara kabin pengemudi dan kabin belakang, besarnya 29 inci yang menampilkan rute serta materi promosi. Kemudian ada monitor lain di dasbor sebagai penampang CCTV dan terdapat pula monitor on board unit.

Spesifikasi lain angkot berbasis minibus Suzuki Carry ini, yaitu pintu otomatis yang memudahkan naik turun penumpang, palu pemecah kaca buat keadaan darurat. Kemudian running text untuk menampilkan rute yang beradar di depan, samping kiri, dan belakang mobil. (Albar)