Qatar Akan jadi Tuan Rumah Acara Sprint Formula 1 Tahun 2023

65

Muslim Obsession – Dari 6 Oktober hingga 8 Oktober, ekstravaganza balap F1 akan digelar di Sirkuit Lusail di Qatar.

Salah satu dari enam balapan sprint F1 yang dijadwalkan untuk musim kejuaraan 2023 akan diadakan di Qatar, menurut Federasi Motor & Motor Qatar (QMMF).

Azerbaijan, Austria, Belgia, Amerika Serikat, dan Brasil akan menjadi tuan rumah lima acara kualifikasi sprint lainnya.

Pada tanggal 7 Oktober, kualifikasi balapan sprint yang mendebarkan akan diadakan untuk pertama kalinya di bawah lampu sorot legendaris Lusail Circuit Sports Club.

Pada 8 Oktober, format F1 tradisional akan berlangsung, memberikan penggemar balap di seluruh dunia berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka akan kecepatan.

Ide di balik menambahkan balapan sprint ke repertoar F1 pada tahun 2021 sangatlah mudah. Karena menyalip adalah aspek yang paling mendebarkan dari balapan F1, diputuskan untuk menambahkan balapan yang lebih pendek sepertiga panjang Grand Prix dan tidak memerlukan pit stop.

Dengan cara ini, mereka percaya bahwa mereka dapat memperkenalkan acara yang lebih penuh aksi di mana semua orang menang.

Format tersebut, yang memulai debutnya pada tahun 2021 dengan tiga sesi, dengan cepat mendapatkan popularitas, dan untuk musim berikutnya pada tahun 2023, mereka memutuskan untuk menggandakan jumlah balapan sprint yang disertakan dalam acara tersebut.

Formatnya berfungsi seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan 39% penonton untuk acara sprint Austria pada tahun 2022 dibandingkan dengan kualifikasi pada balapan yang sama tahun sebelumnya.

Sirkuit Internasional Lusail adalah lokasi yang sempurna untuk menjadi tuan rumah acara karena sifat kompak dari format balap sprint sebagai lari kualifikasi 100km tanpa pit stop yang diperlukan dan pembalap berlomba dengan bendera kotak-kotak untuk mengklaim posisi terdepan di balapan mendatang.

F1, setelah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua pilihan yang tersedia di seluruh dunia dan bekerja sama dengan Federasi Motor & Sepeda Motor Qatar (QMMF), memilih trek Sirkuit Lusail sebagai salah satu dari enam untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

Keputusan untuk memilih Qatar sebagai salah satu negara untuk menjadi tuan rumah acara format balap F1 yang inventif dan mendebarkan ini merupakan langkah signifikan untuk mencapai tujuan Visi Nasional Qatar 2030, yang bertujuan untuk menjadikan negara tersebut sebagai pusat global untuk acara olahraga kelas dunia.

Juga ntuk menumbuhkan pemahaman global melalui pengembangan olahraga yang berkelanjutan dan dengan memanfaatkan semangat olahraga yang mempersatukan orang di mana pun.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here