Putra Mahkota Saudi MbS Koleksi Lukisan Yesus Seharga Rp6,9 Triliun

239

Jakarta, Muslim Obsession — Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) disebut punya koleksi lukisan Yesus yang nilainya mencapai triliunan rupiah.

Dugaan itu beredar setelah ada informasi dirinya membeli lukisan Yesus Kristus atau “Salvator Mundi” yang dibuat Leonardo da Vinci. Lukisan itu diketahui memiliki harga US$450,3 juta atau setara Rp6,9 triliun.

Kabar ini disampaikan oleh pejabat Amerika Serikat dan Arab Saudi yang familier dengan pembelian itu pada 2017.

Sebagaimana yang diberitakan Times, pembeli lukisan tersebut yang terdaftar adalah Pangeran Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-Saud.

Namun, beberapa orang yang familier dengan pembelian ini mengatakan MbS, yang notabene adalah sahabat dari Pangeran Bader, mendanai pembelian gambar tersebut.

Merespons kabar The New York Times, Pangeran Bader mengatakan “[saya] terkejut ketika membaca laporan terkait saya dari koran The New York Times dan informasi yang aneh dan tidak akurat dalam berita itu.”

Namun, pernyataan Bader tidak mengangkat soal gambar tersebut atau mengakui apakah ia benar-benar membeli gambar itu.

Sementara itu, seorang pejabat Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington menolak mengomentari kabar ini.

Di sisi lain, pembelian gambar Yesus Kristus buatan Leonardo da Vinci ini dinilai melanggar sensibilitas dan melanggar aturan kerajaan Saudi yang ultra-konservatif.

Gambar “Salvator Mundi” ini merupakan gambaran hormat dari Yesus Kristus sebagai juru selamat. Namun, Islam percaya Yesus bukanlah penyelamat, tetapi seorang nabi.

Ulama Saudi juga mengajarkan bahwa Islam melarang karya seni apapun yang mewakili manusia, pun penggambaran salah satu nabi secara khusus merupakan hal yang dilarang.

Sementara itu, Pangeran Bader sendiri tak diketahui memiliki sumber kekayaan yang mampu membuatnya membeli gambar itu. Ia juga tak memiliki rekam jejak sebagai kolektor seni.

Namun, Pangeran Bader merupakan teman lama MbS dan telah lama menjadi agen pria itu kala membeli resort untuk enam pangeran di keluarga MbS.

Selain itu, kala The New York Times menunggu konfirmasi dari Kedubes Saudi, cabang Museum Louvre di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, mengumumkan mereka menerima gambar Yesus tersebut.

Louvre tidak mengungkapkan apakah mereka menerima lukisan itu sebagai hadiah atau pinjaman. Namun, putra mahkota UEA, Mohammed bin Zayed, merupakan sekutu dekat MbS. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here