Puji Mendikbud, Jokowi: Indonesia Beruntung Punya Nadiem Makarim

215

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melontarkan pujian kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Ia menyebut Indonesia beruntung punya sosok sepertinya.

Jokowi mengatakan Indonesia perlu menyiapkan talenta-talenta digital untuk bersaing dengan negara lain. Menurutnya, Nadiem orang yang tepat untuk mempersiapkan kebutuhan tersebut.

“Kita beruntung menteri pendidikan kita memiliki pengalaman di dalam perusahaan teknologi, Mas Nadiem, untung banget kita,” kata Jokowi pada peresmian Gerakan Percepatan Generasi Digital di Jakarta, Rabu (15/12).

Jokowi berkata, Nadiem selalu menjawab tantangan yang ia berikan. Dia pernah memberi Nadiem tugas untuk menyiapkan jutaan orang talenta digital dalam waktu dua tahun ke depan.

Nadiem menjawab tantangan itu dengan mencanangkan Kampus Merdeka. Lewat program itu, mahasiswa akan diberikan pengalaman kerja di perusahaan digital sebagai bekal setelah lulus.

Jokowi setuju dengan gagasan Nadiem tersebut. Dia berpendapat program itu bisa menyiapkan generasi muda Indonesia untuk membentuk masyarakat digital.

“Kalau kita tidak bisa menyiapkan ini, akan sulit sekali kita mengejar negara-negara lain. Kuncinya sekali lagi dalam jumlah yang banyak,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga meminta perusahaan swasta mendukung Kampus Merdeka. Ia meminta swasta bersedia menerima mahasiswa yang hendak belajar dalam program magang.

“Agar secepatnya semua memiliki mindset digital ada, skill digital ada sehingga terbentuk sebuah kultur digital di negara kita,” ujar Jokowi. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here