Polisi Tutup Ruas Jalan di Sekeliling Monas, Cegah Aksi Reuni 212

140
Persaudaraan Alumni (PA) 212 bersama dengan sejumlah organisasi Islam lainnya, menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020).

Jakarta, Muslim Obsession – Ditlantas Polda Metro Jaya malam ini akan menutup ruas jalan di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat untuk mencegah massa aksi Reuni Alumni 212. Penutupan juga berlaku di ruas jalan sekeliling kawasan Monas.

Penutupan atau penyekatan ruas jalan ini dilakukan lantaran acara Reuni 212 itu tak mendapat izin dari Polda Metro Jaya.

“Maka kami dari Polda Metro Jaya akan melaksanakan penyekatan di seputar kawasan bundaran Patung Kuda dan kawasan Monas,” kata Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (1/12).

Sambodo mengatakan penyekatan ini akan dilakukan mulai Rabu (1/12) pukul 24.00 WIB hingga Kamis (2/12) pukul 21.00 WIB.

“Semua kendaraan mulai nanti malam tidak boleh memasuki kawasan ini,” ucap Sambodo.

“Kita tidak perbolehkan (kendaraan melintas di) kawasan ini steril dari kendaraan,” imbuhnya.

Terkait penyekatan ini, Sambodo mengimbau masyarakat untuk menghindari area sekitar Patung Kuda dan Monas mulai malam ini hingga esok hari guna menghindari kemacetan.

“Karena dengan adanya penutupan yang kita lakukan pasti akan terjadi kepadatan dan kemacetan,” ujarnya.

Sebelumnya, Panitia Reuni Alumni 212 menyatakan bahwa acara akan dipusatkan di dua lokasi berbeda yakni Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat dan Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Keputusan ini diambil setelah memperhatikan situasi yang ada serta masukan dari ulama dan umat.

Terkait hal ini, Polda Metro Jaya bakal menerapkan sanksi hukum jika masih ada massa yang nekat melakukan Reuni 212 di Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Sebab, Polda Metro Jaya tak mengeluarkan izin untuk kegiatan tersebut.

“Kita akan menerapkan ketentuan hukum berlaku pada mereka yang memaksakan kita akan persangkakan tindak pidana KUHP Pasal 212 sampai 218, khususnya mereka yang tidak mengindahkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, Rabu (1/12). (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here