Pilar Politik dalam Desa Madani Parmusi

684
Ketua Umum PP Parmusi Drs. H. Usamah Hisyam, M.Si memimpin langsung musyawarah yang menerbitkan Piagam Makkah, Ahad (3/3/2024).

Oleh: Anding Sukiman (Ketua PW Parmusi Jawa Tengah, Laporan dari Kota Suci Makkah)

Makkah, Muslim Obsession – Arab Saudi menjadi saksi atas terbitnya Piagam Makkah yang ditandangani seluruh peserta umroh Dai dan Daiyat Parmusi yang dipimpin oleh Ketua Umum PP Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) Drs. H. Usamah Hisyam, M.Si pada Ahad, 3 Maret 2024.

Piagam Makkah secara umum memuat tentang penguatan gerakan dakwah Desa Madani, yang terdiri dari 4 pilar, yaitu: Pertama, Pilar Iman dan Taqwa (Imtaq) yang pelaksaannya harus ada pelatihan kader dai berjenjang di seluruh Indonesia.

Kedua, Pilar Ekonomi yang menyepakati perlunya membangun sumber dana gerakan dakwah yang antara lain disepakti perlu ada PT (Perseoran Terbatas) yang bergerak di bidang pemasaran produk dari kader-kader Parmusi. Perusahaan ini akan saling memperkuat antara PP Parmusi dengan seluruh usahawan kader Parmusi di seluruh Indoneia.

BACA JUGA: Tegaskan Komitmen Dakwah Ilallah, Puluhan Dai dan Daiyat Parmusi Ucapkan Ikrar di Bukit Marwah

Disamping itu, pada pilar ekonomi ini juga perlunya pemberdyaan ekonomi bagi seluruh warga bangsa Indonesia, sehingga visi Masyarakat Madani tercapai dengan baik sesuai harapan pendiri Parmusi.

Pada acara musyawarah, semua peserta sepakat bahwa setiap desa yang dihuni berbagai latar belakang agama, profesi, dan pendidikan, sesungguhnya mempunyai potensi ekonomi yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan seluruh warga. Maka potensi ini harus dikembangkan dalam misi Desa Madani.

Ketiga, Pilar Sosial. Piagam juga memuat agar #SaveHelp Parmusi yang sudah ada harus semakin ditingkatkan perannya. Keempat, Pilar Pendidikan. Masalah pendidikan merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga warga Desa Madani bisa mengolah sumber daya yang ada dan melanjutkan kehidupan berbangsa.

BACA JUGA: Usamah Hisyam Pimpin Langsung Umrah Bersama Puluhan Dai dan Daiyat Desa Madani Parmusi

Pilar Politik

Hal menarik dalam Piagam Makah Parmusi adalah munculnya pemikiran yang disampaikan oleh Ketua Umum Drs H. Usamah Hisyam, M.Si bahwa selain 4 Pilar Desa Madani, agar perjuangan lebih sempurna, maka perlu ada pilar ke- 5 yaitu Pilar Politik Pemikiran didasarkan bahwa berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat pada akhirnya akan berakhir pada keputusan politik yang diterbitkan oleh para pengambil keputusan.

Ketum Parmusi mencontohkan bahwa para kader Parmusi yang menjadi pejabat eksekutif ternyata lebih mudah memujudkan gerakan Desa Madani karena didukung anggaran negara dan juga payung hukum yang diterbitka oleh Bupati atau Gubernur dan lainnya.

Usamah memberikan contoh Ustadz Satono yang merupakan Ketua PD Parmusi Sambas Kalimantan Barat. Ia yang terpilih menjadi Bupati ternyata mampu mewujudkan misi Desa Madani, yakni terwujudnya masyarakat Desa Madani yang sejahtera lahir dan batin di bawah naungan Allah SWT.

BACA JUGA: Anding Sukiman: Parmusi Sahabat Petani

Pendapat atau usulan Ketua Umum Parmusi ini awalnya mendapatkan tanggapan pro dan kontra, tetapi pada akhirnya semua sepakat bahwa Pilar ke -5 Gerakan Desa Madani adalah Pilar Politik, dan akan dibahas secara detail pada Mukernas.

Acara penandatanganan Piagam Makkah pun berjalan lancar dan dengan wajah penuh semangat seluruh peserta umroh siap menjalankan Piagam Makkah.

Usulan pilar politik pada gerakan dakwah Parmusi, merupakan hal menarik untuk menjadi pemikiran tentang apa yang akan dilakukan pada Pilar Politik ini. Saya secara pribadi mengusulkan sudah saatnya Ormas Parmusi melahirkan Partai Poltik baru yang diberikan nama Parmusi atau Partai Muslimin Indonesia.

Momentum ini sangat tepat setelah kondisi poltik Tanah Air seperti yang kita rasakan. Dan jika Pilar Politik Parmusi ini disepakati, maka menurut saya yang paling tepat memimpinnya adalah Anies Rasyid Baswedan mantan Gubernur DKI.

Bagaimana menurut Anda?

1 KOMENTAR

  1. Sangat Sepakat pak Anding…..
    Biar kita yg d pendidikan coba membangun peradaban generasi yg siap secara mental dan pemikiran dg krlima pilar tersebut…
    Salam dari sekolah Alam Banyu Belik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here