Petugas Haji Harus Gunakan Seragam dan Siap Bekerja 24 Jam

615

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama meminta petugas haji untuk berkomitmen menggunakan seragam selama bertugas walaupun saat berada di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag RI, Arsad Hidayat mengatakan, petugas adalah orang pertama yang akan dicari jemaah ketika mereka menemukan permasalahan. Hal ini juga akan menunjukkan eksistensi petugas selama berada di tanah suci.

“Seragam adalah jati diri petugas haji. Sebagai pembentuk prilaku dan sikap ketika berhadapan dengan jemaah. Seragam juga akan memudahkan jemaah meminta bantuan terutama yang tersesat,” tegas Arsad saat memberikan materi Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 890 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Rabu (20/3/2024) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Bukan hanya menggunakan seragam petugas, Arsad juga meminta petugas haji memegang beberapa komitmen melaksanakan tugas selama berada di tanah suci.

Diulas Arsad, petugas haji diminta berkomitmen setiap hari mengikuti apel pagi. Hal ini untuk memastikan bahwa petugas siap melayani jemaah haji.

“Dengan adanya kewajiban apel pagi, tidak ada lagi petugas yang tidur sehingga bisa melayani jemaah dengan baik,” tegasnya.

Komitmen selanjutnya kata Direktur, petugas haji siap untuk tidak melaksanakan ibadah haji kecuali yang belum berhaji.

“Yang lebih penting dari itu adalah petugas siap bekerja 24 jam. Petugas bisa istirahat ketika tidak ada lagi pekerjaan, tetapi ketika ada permintaan atau telepon petugas harus siap,” ujarnya lagi.

Petugas haji sambung Arsad, petugas siap untuk tidak membawa keluarga atau muhrim. “Ketika memahrami keluarga, tugas melayani jemaah otomatis akan terganggu sehingga jemaah tidak terlayani dengan baik,” ingat Arsad.

“Untuk itu, saya juga minta komitmen petugas untuk menjalankan seluruh tugas dan kewajiban yang ada dalam pakta integritas. Komitmen ini harus dijaga dan dijalankan dengan baik,” imbuhnya.

Terakhir, Arsad minta petugas mengikuti Bimtek dengan baik dengan mengikuti seluruh materi dan sesi, sehingga setelah Bimtek, tahu apa yang menjadi tugas dan fungsi masing-masing.

“Saya minta kepada petugas, baik yang melalui proses seleksi atau penunjukan, tolong jaga amanah ini dengan sebaik-baiknya. Ketika masuk dalam korp petugas, siapkan diri menjadi pelayan tamu-tamu Allah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here