Pengunjung Masjid Hagia Sophia Tembus 6,5 Juta Orang

149
Pemerintah Turki menetapkan Hagia Sophia di Istanbul saat ini statusnya adalah sebuah masjid. (Foto: AFP)

Muslim Obsession – Masjid Agung Hagia Sophia yang bersejarah di Istanbul menyambut lebih dari 6,5 juta pengunjung di tahun kedua pembukaannya kembali sebagai masjid, demikian menurut Wakil Mufti Ahmet Aktürkoğlu Istanbul.

Monumen ikonik ini berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul pada tahun 1453.

Kemudian berfungsi sebagai masjid dari tahun 1453 hingga 1934 – hampir 500 tahun – dan yang terbaru sebagai museum selama 86 tahun.

Salah satu bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi di Turki oleh wisatawan domestik dan internasional, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985.

Pada 10 Juli 2020, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang telah mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah 86 tahun vakum.

Monumen ini dikembalikan ke kejayaannya sebagai Masjid Agung Hagia Sophia pada 24 Juli 2020, dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bergabung dengan ratusan jamaah untuk salat pertama dalam 86 tahun di dalam Hagia Sophia.

Berbicara kepada Anadolu Agency (AA) pada ulang tahun kedua pembukaan kembali, Aktürkoğlu mengatakan konversi Hagia Sophia menjadi masjid setelah penaklukan adalah salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Islam.

Dia menambahkan bahwa Hagia Sophia, seperti banyak tempat ibadah penting lainnya di seluruh dunia, menarik banyak wisatawan dan umat beriman.

“Seperti banyak tempat suci lainnya di dunia, Hagia Sophia dibanjiri pengunjung. Ini menarik perhatian besar dari wisatawan lokal dan asing, terutama setelah dibuka untuk beribadah lagi. Pada tahun kedua sejak dibuka, masjid ini telah menampung lebih dari 6,5 orang. juta pengunjung,” katanya.

Aktürkoğlu menggarisbawahi bahwa ada banyak minat di Hagia Sophia, terutama selama Bayram Qurban (Idul Adha).

“Masjid Agung Hagia Sophia menerima lebih dari 120.000 orang setiap hari selama sembilan hari liburan bayram. Minat orang-orang dan pengunjung kami dari seluruh dunia terhadap Hagia Sophia meningkat setiap hari.”

“Kami juga melihat peningkatan jumlah pengunjung, terutama pada akhir pekan. Orang-orang dari seluruh Turki datang ke sini untuk menghadiri sholat subuh. Banyak organisasi sosial dan budaya juga mengatur berbagai acara dan tur monumen. Ini membuat kami sangat senang,” pungkasnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here