Pengungsi Rohingya Ditolak di Aceh, Aa Gym: Bayangkan Kita di Posisi Mereka

503
Aa Gym.
Aa Gym.

Jakarta, Muslim Obsession – Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) turut menanggapi terkait imigran Rohingya yang mendapat penolakan dari warga Aceh.

Aa Gym mengaku tidak mempersoalkan kedatangan para imigran dari Myanmar tersebut, sebab dalam Islam diajarkan untuk selalu berbuat baik kepada sesama manusia.

“Kebaikan ini harus menjadi bagian dari ciri negeri kita juga. Walaupun kita harus bersikap proporsional dengan penyebab-penyebabnya. Tapi kalau orang darurat sebaiknya kita carikan solusi terbaik” ucap Aa Gym saat ditemui VIVA dalam acara ‘Amazing Quran the Heritage of Quran’ yang digelar Cinta Quran Foundation di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu, 10 Desember 2023.

Dia mengatakan, seandainya seseorang terjebak dalam keadaan seperti yang dialami imigran Rohingya, kemungkinan orang tersebut akan berat menjalaninya. Karena itu, dia mengimbau agar persoalan ini dapat diselesaikan dengan solusi terbaik.

“Bayangkan kalau kita di posisi mereka, pasti kita repot sekali. Jadi harus dicarikan Solusi terbaik, kita bisa menolong (Rohingya) tapi warga (Aceh) tidak ada yang menjadi tidak nyaman,” jelasnya.

Dilaporkan pada Minggu, 10 Desember 2023 siang, sebanyak 202 imigran Rohingya kembali mendarat di Pantai Desa Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh.

Dalam laporan UNHCR, tercatat sudah 1.200 pengungsi yang tiba di Aceh sejak pertengahan November 2023. Mereka tersebar di Sabang, Pidie dan Lhokseumawe. Jumlah itu belum termasuk 202 pengungsi Rohingya yang baru tiba kemarin.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here