Pemerintah Mulai Uji Coba Makan Siang Gratis di SMPN 2 Curug, Tanggerang

523

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah mulai melakukan uji coba program makan siang gratis untuk siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Ini merupakan program dari calon presiden dan wakil presiden

Uji coba dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, pada Kamis (29/2/2024). Dalam uji coba itu, pemerintah memberikan makan siang gratis seharga Rp 15.000 porsi, dengan 4 menu yang berbeda, yakni nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, dan siomay.

Keempat menu itu dibuat dengan memperhitungkan nilai gizi, energi, serta sumber gizinya. Secara lebih rinci, menu pertama, yakni nasi ayam terdiri dari nasi, ayam goreng tepung, perkedel tahu, sayur capcai, dan pisang dengan total energi 557 kilokalori (kkal) dan protein 15,46 gram.

Kemudian menu kedua, nasi semur ayam terdiri dari nasi, semur telur, tempe goreng tepung, tumis buncis wortel, dan pisang dengan total energi 568 kkal dan protein 20,39 gram. Lalu menu ketiga, gado-gado, terdiri dari lontong, tahu goreng, telur rebus, bumbu kacang, wortel, kol, sawi, dan pisang dengan total energi 588 kkal dan protein 21,13 gram.

Menu terakhir, siomay, terdiri dari kentang, siomay, telur rebus, bumbu kacang, tahu kukus, kol, dan pisang dengan total energi 595 kkal dan protein 37,39 gram. “Makan gratis ini untuk gizi yang lebih baik,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya, di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024). (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here