Pemerintah Bakal Kaji Lagi Kenaikan Harga Tiket Pulau Komodo Rp3,75 Juta

98

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pihaknya bakal mengevaluasi kembali besaran tiket masuk Pulau Komodo yang kini dipatok Rp3,75 juta per orang per tahun yang berlaku sejak 1 Agustus 2022.

Pasalnyq, akibat lonjakan harga tiket masuk ini, pengusaha pariwisata termasuk agen travel Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur melakukan aksi mogok mulai 1 hingga 3 Agustus 2022.

“Nanti kita evaluasi dan nanti kita akan lihat lagi karena memang ada konservasi dan rehabilitasi yang dilakukan,” kata Airlangga Kamis (4/8).

Menurut Airlangga, pemerintah juga masih harus mempertimbangkan pembatasan wisatawan yang akan berkunjung ke salah satu destinasi super prioritas di Indonesia.

“Ditambah lagi dengan adanya pembatasan jumlah (wisatawan). Tentu kita akan perhatikan dan akan kita bahas dengan kementerian teknis,” tambah Airlangga.

Sebelumnya, Asosiasi Pelaku Wisata dan Individu pelaku wisata Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatukan persepsi dalam nota kesepahaman (MoU )untuk menghentikan aktivitas pariwisata di kawasan wisata pada Agustus mendatang.

Kesepakatan ‘mogok serentak’ itu merupakan bagian dari protes mereka terkait rencana pemerintah menaikkan harga tiket masuk Pulau Komodo mencapai Rp3,7 juta per orang pada 1 Agustus 2022.

“Kami bersepakat untuk menghentikan semua jenis pelayanan jasa pariwisata di Kepulauan Taman Nasional dan di seluruh destinasi wisata di Manggarai Barat mulai 1-31 Agustus 2022,” kata Koordinator Pelaku Wisata dan Individu Pelaku Wisata Kabupaten Manggarai Barat Rafael Taher.

Para pelaku wisata itu seperti pemilik kapal wisata, pemilik penyedia jasa transportasi darat, pemilik restoran, pemilik hotel, fotografer, guide, pelaku usaha kuliner.

Rafael menegaskan aksi mereka itu adalah bentuk protes penolakan pelaku pariwisata di Manggarai Barat terkait kebijakan kenaikan harga tarif masuk taman Nasional Komodo oleh Pemerintah Provinsi NTT. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here