Pemain Timnas Indonesia U-16 Wajib Shalat Jamaah di Masjid, Ada Denda Bagi yang Telat!

6760

Jakarta, Muslim Obsession – Aturan ketat diterapkan Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti terhadap skuadnya. Salah satunya dengan mewajibkan para pemain Muslim untuk shalat lima waktu berjamaah di masjid.

Saat ini skuad Timnas Indonesia U-16 tengah menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta sebagai persiapan menuju ajang Piala AFF U-16 2022.

Pola kedisiplinan skuad Timnas U-16 diungkapkan Bima Sakti lewat YouTube PSSI TV. Menurutnya, soal disiplin, tidak ada anggota skuadnya yang boleh terlambat. Semua harus menghargai waktu dan disiplin seragam di latihan.

“Semua kami buat aturannya. Makan selalu bersama-sama. Tidak ada yang boleh berbeda-beda,” kata pelatih berusia 46 tahun tersebut.

Disiplin ketat juga diberlakukan bagi anggota skuad yang beragama Islam. Pelatih timnas senior di Piala AFF 2018 itu juga mewajibkan para pemain muslim di timnya untuk shalat fardhu secara berjamaah di masjid.

“Soal ibadah, kami juga bikin aturan. Alhamdulillah, kami shalat bareng-bareng terus bersama tim pelatih, ofisial, dan pemain semua berjamaah di masjid,” tuturnya.

Bima menegaskan, shalat lima waktu dilakukan berjamaah dan bagi yang terlambat shalat akan kena denda Rp50 ribu.

“Jika ada yang tidak shalat, denda Rp100 ribu. Kami bikin aturan yang jelas,” tegas Bima.

Peraturan ketat juga berlaku bagi skuad nonmuslim. Bima menjelaskan, pihaknya memberikan akomodasi dengan menyediakan kendaraan untuk antar-jemput.

“Pada Minggu, pemain yang beragama kristen kami berikan kesempatan dan siapkan kendaraan untuk mengantar ke gereja. Bagi yang beragam Hindu, pukul 10.00 pagi WIB kami mengantarnya ke pura,” jelasnya.

Selain soal ibadah, disiplin ketat juga diberlakukan dengan cara membatasi penggunaan handphone (HP). Anggota Timnas U-16 hanya diberikan waktu maksimal empat jam setiap harinya untuk menggunakan HP.

Begitu juga dengan jam istirahat, dimana pukul 21.00 WIB semua skuad sudah harus beristirahat.

“Kami harus mulai dari hal yang kecil, masalah disiplin makan hingga penggunaan HP. Kali ini saya beri waktu empat jam sehari untuk menggunakan HP agar mereka fokus ke latihan dengan tujuan memberikan yang terbaik di Piala AFF U-16,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here