Peduli Lingkungan, MAN IC se-Indonesia Tanam 10.000 Pohon

522
Direktur KSKK Madrasah buka gerakan menanam 10.000 pohon di MAN IC (Foto: Kemenag)
Direktur KSKK Madrasah buka gerakan menanam 10.000 pohon di MAN IC (Foto: Kemenag)

Muslim Obsession – Kementerian Agama bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dalam gerakan pelestarian lingkungan. Sinergi dua kementerian ini diwujudkan dalam gerakan menanam 10.000 pohon.

Ribuan pohon ini ditanam serentak, Selasa (27/2/2024), pada 22 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di seluruh Indonesia. Secara simbolis, gerakan ini dibuka Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdianto dengan menanam pohon di MAN IC Serpong.

Hadir Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Sinta Saptarina Soeminarno, para Kasubdit pada Direktorat KSKK Madrasah, Kepala MAN IC Serpong, Hilal Najmi, sivitas akademika MAN IC Serpong, para Penyuluh dan Tim Pengembangan Generasi LHK, serta Kasubkor dan pelaksana pada Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat KSKK Madrasah. Ikut secara daring, para Kepala MAN IC se-Indonesia.

“Menanam pohon adalah ibadah yang menjadi kebaikan serta memberi manfaat untuk alam dan makhluk lainnya. Maka teruslah menanam dan memelihara pohon untuk bumi yang lebih baik,” pesan M Sidik Sisdianto.

Menurut Sidik, panggilan akrabnya, lingkungan hidup yang sehat merupakan harapan semua orang. Untuk mewujudkan harapan ini, diperlukan kepedulian dan tanggung jawab bersama terhadap lingkungan, yang dapat dimulai dari lingkungan satuan pendidikan, dalam hal ini madrasah.

“Salah satu pilihan kongkrit yang bisa dilakukan untuk mewujudkan harapan terciptanya lingkungan hidup yang sehat di madrasah adalah melalui Gerakan Penanaman sekaligus Pemeliharaan Pohon,” sebutnya.

Penanaman dan pemeliharaan pohon, kata Sidik, juga merupakan salah satu aspek dari Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Pada Satuan Pendidikan Formal (Gerakan PBLHS). Ini sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian dikbudristek, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Agama.

“Menanam dan memelihara pohon merupakan kegiatan berkelanjutan yang diharapkan memberi manfaat jangka panjang bagi terciptanya kepedulian dan budaya lingkungan hidup sehat di madrasah,” tuturnya.

“Urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak cucu kita. Sebenarnya saat kita menanam pohon saat ini, kita sedang menanam doa dan menanam harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang,” tandasnya.

Sidik menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan seluruh sivitas MAN Insan Cendekia seluruh Indonesia yang telah bersinergi dalam kegiatan penanaman 10.000 pohon secara serentak di madrasah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here