PBB: Israel Telah Membunuh 37 Anak Palestina Selama 2022

96
Seorang anak Gaza terluka akibat serangan tentara zionis Israel. (Foto: istimewa)

Muslim Obsession – Pusat Informasi Palestina melaporkan bahwa Kepala Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet menyatakan ‘kewaspadaan’ untuk sejumlah besar warga Palestina, terutama anak-anak, yang telah terbunuh dan terluka oleh pasukan pendudukan Israel sepanjang tahun ini.

Bachelet mengatakan bahwa hampir 40 anak Palestina telah terbunuh sepanjang tahun ini di wilayah pendudukan sebagai akibat dari penggunaan kekuatan mematikan oleh pasukan Israel yang melanggar hukum hak asasi manusia internasional.

Bachelet lebih lanjut berpendapat bahwa melukai anak mana pun selama konflik sangat mengganggu dan pembunuhan serta melukai banyak anak tahun ini tidak masuk akal.

Pernyataan PBB yang sama mengungkapkan total sembilan belas anak Palestina tewas di wilayah Palestina yang diduduki pekan lalu. Jumlah ini membuat jumlah kematian anak Palestina sepanjang tahun ini menjadi 37 jiwa.

Sementara itu, tujuh belas anak lainnya tewas dalam serangan yang terjadi di Gaza dari 5 hingga 7 Agustus oleh pasukan Israel, diikuti oleh dua anak lagi yang terbunuh pada hari Selasa (16/8/2022) selama operasi Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Pekan lalu, terjadi konflik intens antara Israel dan militan Jihad Islam di Gaza selama tiga hari.

Israel bersikeras bahwa serangan udara dan artilerinya menargetkan posisi kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ) yang didukung Iran.

Namun pejabat Palestina mengungkapkan bahwa mayoritas dari mereka yang tewas adalah warga sipil Palestina.

Bachelet menekankan bahwa hukum humaniter internasional sangat jelas tentang meluncurkan serangan yang mungkin diharapkan untuk membunuh atau melukai warga sipil secara tidak sengaja dan merusak objek sipil.

Yakni dengan cara yang tidak proporsional dengan keuntungan militer yang nyata dan langsung diantisipasi sangat dilarang sehingga serangan serupa harus dicegah.

Bachelet menyerukan penyelidikan atas semua insiden di mana orang terbunuh atau terluka

Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia (OHCHR) mengatakan bahwa di antara 48 warga Palestina yang tewas dalam serangan Gaza pekan lalu, ada 17 warga sipil dan empat wanita.

Dari 360 warga Palestina yang dilaporkan terluka dalam serangan Israel, warga sipil termasuk 151 anak-anak, 58 wanita, dan 19 orang tua.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here