Palestina Desak UNESCO Hentikan Pemukiman Israel di Situs Kuno

162

Muslim Obsession – Otoritas Palestina mendesak Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) untuk mencegah proyek pemukiman Israel di situs arkeologi Sebastia di Tepi Barat yang diduduki.

“Kami meminta badan UNESCO untuk mencegah otoritas pendudukan (Israel) membangun proyek pemukiman di dekat desa Sebastia (utara kota Nablus),” kata Perdana Menteri Mohammad Shtayyeh dalam rapat kabinet, dilansir Daily Sabah, Rabu (10/5/2023).

Dia memperingatkan bahwa proyek pemukiman Israel akan menyebabkan kerusakan parah pada situs bersejarah di dekat desa tersebut.

Wali Kota Sebastia Mohammad Azem mengatakan proyek Israel bertujuan untuk mengubah situs arkeologi menjadi taman.

“Proyek tersebut termasuk membangun jalan, melakukan pekerjaan penggalian, dan membangun jaringan listrik yang akan mengubah karakter sejarah daerah tersebut secara total,” katanya kepada Anadolu.

Situs Sebastia merupakan situs kuno dan bersejarah yang berasal dari zaman Hellenistik dan Romawi.

Menurut surat kabar Haaretz, pemerintah Israel menyetujui proposal untuk menginvestasikan 29 juta syikal Israel ($8 juta) untuk mengembangkan situs Sebastia untuk memungkinkan lebih banyak pemukim mencapai daerah tersebut dan untuk mengurangi akses warga Palestina ke sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here