Pakar Unair: Pengobatan Ida Dayak di Luar Batas Kemampuan Kami

191

Jakarta, Muslim Obsession – Pengobatan tradisional Ida Dayak banyak diperbincangkan masyarakat. Pasalnya ia disebut sangat ahli untuk menyembuhkan macam-macam penyakit secara instan.

Video pengobatan dari sosok perempuan asal Kalimantan Timur ini pun tersebar di jagat dunia maya. Terlihat Ida Dayak dengan mudahnya meluruskan tangan yang bengkok, dan mengobati orang stroke bisa langsung jalan

Menanggapi hal tersebut, Dosen Prodi Pengobatan Tradisional Universitas Airlangga (Unair) Maya Septriana mengatakan bahwa apa yang dilakukan Ida Dayak mengandung dua hal yang beririsan, yakni teknik pijat dan penggunaan minyak herbal.

Dalam video yang banyak tersebar, Ida Dayak terlihat hanya mengoleskan minyak bintang ke tubuh pasien, lalu melakukan doa dan ritual tarian kecil khas suku Dayak. Setelah itu, pasien langsung sembuh dalam sekejap mata.

Manfaat Teknik Pijat dan Minyak Bintang
Maya menyebut bahwa teknik pijat yang dilakukan oleh Ida Dayak merupakan teknik usapan dalam pengobatan tradisional. Manfaat teknik pijat itu sendiri adalah melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Minyak bintang juga berfungsi menghangatkan dan melicinkan permukaan kulit supaya terhindar dari iritasi saat proses pemijatan.

Pengobatan Ida Dayak di Luar Kemampuan Ahli

Maya melanjutkan bahwa pengobatan Ida Dayak dengan mengoleskan minyak ke tubuh pasien mampu mengembalikan dislokasi tulang dan sendi. Ia menyebut kemampuan Ida Dayak sudah di luar batas kemampuan ahli pengobatan.

“Dia mampu mengembalikan dislokasi tulang dan sendi. Apa yang dilakukan Ibu Ida Dayak ini sudah di luar batas kemampuan kami. Ada unsur lain selain murni dari unsur pijat dan herbal,” ujar Maya dalam situs Unair, dikutip pada Selasa (18/4/2023).

Adanya Pengaruh Tradisi

Dosen Pengobatan Tradisional tersebut pun mengungkapkan bahwa ada hal-hal di luar batas yang sulit dipahami dalam pengobatan Ida Dayak. Menurutnya, terdapat pengaruh luar seperti tradisi turun-menurun, spiritual, atau religiusitas tertentu yang memengaruhi teknik pengobatannya.

Menurutnyauio, pengobatan Ida Dayak tidak berbasis ilmiah dan tidak mengacu pada ilmu kedokteran, anatomi, fisiologi, dan lainnya seperti apa yang dipahami oleh ilmu pengobatan tradisional.

“Kalau pengobatan tradisional kami, semua ada basisnya. Kami mengacu pada ilmu kedokteran, anatomi, fisiologi, dan lain-lain. Walaupun menggunakan bahan-bahan tertentu seperti minyak, kami juga harus bertanggung jawab. Kembali lagi, pengobatan tradisional ini cukup luas, ada yang namanya traditional therapy. Mau jadi penyembuhan atau tidak, kembali pada Yang Maha Kuasa,” ungkap Maya.

Selain menunjukkan adanya pengaruh tradisi, ritual membaca doa dan mantra yang dilakukan Ida Dayak mengandung efek psikologis dan berkaitan dengan permainan plasebo. Secara tidak langsung, pikiran pasien akan mengatakan yang sama sehingga terbentuk keyakinan untuk sembuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here