Pagi Ini Jenazah Azyumardi Azra Dishalatkan di UIN Jakarta

121

Jakarta, Muslim Obsession – Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra telah tiba di rumah duka setelah diterbangkan dari Kuala Lumpur, Malaysia. Kedatangan cendikiawan Muslim itu disambut isak tangis keluarga dan kerabat.

Jenazah Azyumardi Azra tiba di rumah duka di Ciputat, Tanggerang Selatan, Senin 19 September 2022 pada pukul 23.53 WIB. Peti jenazah tampak dibalut dengan kain bendera merah putih.

Tidak hanya pihak keluarga, para pelayat juga tampak menyambut kedatangan jenazah Azyumardi Azra di sepanjang jalan menuju rumah duka tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Mantan Menag Lukman Hakim telah tiba lebih dulu di rumah duka dan menyambut kedatangan jenazah Azyumardi Azra.

Jenazah Azyumardi Azra tak langsung memasuki persemayaman di dalam rumah duka. Jenazah sempat diberhentikan di depan rumah di mana anggota keluarga kemudian memberikan sambutan.

Kerabat Azyumardi Azra, yaitu Prof Suprapta memberikan sambutan sebelum jenazah disemayamkan di dalam rumah. Dia mengungkap rasa bangganya terhadap Azyumardi Azra.

“Selamat datang sahabatku, guru kita, saudara kita, cendekiawan kita, saudara kita Prof Dr Azyumardi Azra kembali ke kediaman dan Insyaalah Prof Azyumardi Azra malam hari ini tidak lupa alamat rumah Prof Azyumardi Azra bersama keluarganya. Prof Azyumardi Azra yang saya hormati kami semua ini bangga atas segala kebaikan, segala perbuatan yang memberikan manfaat kepada banyak orang baik UIN, bangsa Indonesia, maupun sampai bangsa negara, bangsa-bangsa seluruh dunia,” kata Suprapta dalam sambutanya.

Suprapta mengajak semua pelayat mendoakan Azyumardi Azra. Dia turut mendoakan agar amal baik jenazah Azyumardi Azra diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita semua menyaksikan hal itu, dan oleh karena itulah maka kami bangga namun demikian, Prof Azyumardi Azra tetap sebagai manusia karena itu maka kita doakan bersama mudah-mudahan seluruh kesalahan dan kekeliruannya diampuni oleh Allah SWT dan seluruh amal baik nya diterima dan dirahmati oleh Allah SWT,” ujarnya.

Suprapta mengatakan jenazah akan disalatkan di UIN Ciputat besok pagi. Dia mempersilakan bagi para pelayat yang ingin turut mendoakan jenazah Azyumardi Azra dapat mengikuti salat jenazah tersebut.

“Bapak ibu sekalian yang saya hormati, malam hari ini jenazah akan disemayamkan di kediamannya dan proses selanjutnya adalah besok pagi pikul 6.30 WIB, kita berangkatkan ke UIN untuk bersama-sama kita salati dan kita doakan, proses selanjutnya akan diberangkatkan ke TMP Kalibata,” ujarnya.

“Dipersilakan besok pagi bersama-sama untuk mendoakan dan menyalatkan almarhum, dan untuk malam hari ini dengan segala hormat dan segala permohonan maaf keluarga mohon untuk tidak masuk ke ruang persemayaman,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Suprapta mengajak para pelayat untuk bersama mengenang sosok Azyumardi Azra. Dia mengajak pelayat untuk mendoakan keluarga agar dapat melanjutkan cita-cita Azyumardi Azra.

“Ibu Ipah beserta keluarga, dua hari ini, luar biasa teman-teman menghormati, mengenang almarhum dan karena itulah maka di samping kami bangga maka Ibu Ipah bersama anak dan cucunya juga bangga, dan kita semua mendoakan mudah-mudahan an ibu beserta anak tabah, sabar, menerima takdir Allah SWT dan melanjutkan cita-cita, melanjutkan kebaikan yang telah ditorehkan oleh almarhum,” tuturnya. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here