Negaranya Bangkrut, Rumah PM Sri Lanka Dibakar Massa

155

Jakarta, Muslim Obsession – Gelombang unjuk rasa terus meluas di Sri Lanka usai negara tersebut dinyatakan bangkrut. Bahkan demonstran sampai membakar rumah Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, pada Sabtu (9/7).

Hal ini tak lama setelah massa lainnya menduduki rumah Presiden Gotabaya Rajapaksa. Protes pun kian membara.

“Pemrotes menerobos masuk ke rumah pribadi Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe dan membakarnya,” demikian pernyataan kantor PM Sri Lanka yang dikutip AFP.

Pembakaran ini terjadi tak lama setelah Wickremesinghe menyatakan kesiapannya untuk melepaskan jabatannya demi membuka jalan pembentukan pemerintahan baru.

Wickremesinghe mendeklarasikan siap mundur ketika massa menduduki rumah Rajapaksa. Massa menyerbu kediaman sang presiden karena tak kuasa menahan emosi.

Mereka muak dengan pemerintah yang dianggap gagal menarik Sri Lanka dari lubang krisis hingga akhirnya negara itu dinyatakan bangkrut.

Sebelum massa memasuki kediaman, Rajapaksa dilaporkan sudah melarikan diri terlebih dulu dengan bantuan para pengawal yang melepaskan tembakan ke udara demi menahan massa.

Tak lama setelah sang presiden pergi, massa menyerbu gerbang hingga berhasil masuk ke istana presiden. Beberapa orang melakukan siaran langsung di media sosial yang menunjukkan suasana di kompleks istana.

Ratusan orang terlihat berjalan menyusuri istana. Beberapa di antaranya juga tampak riuh melompat ke kolam kompleks. Sebagian lain terlihat tertawa dan bersantai di kamar tidur megah gedung tersebut.

Kepergian presiden dari simbol kekuatan negara itu menimbulkan pertanyaan terkait keinginan Rajapaksa untuk tetap menjabat. Satu pejabat mengatakan saat ini mereka tidak mengetahui keberadaan Rajapaksa.

“Kami sedang menunggu instruksi. Kami masih tidak tahu di mana dia, tapi kami tahu dia aman bersama Angkatan Laut Sri Lanka,” kata pejabat level atas itu.

Jika Rajapaksa mundur, Wickremesinghe seharusnya otomatis mengambil alih kendali negara. Namun kini, situasi semakin buram karena Wickremesinghe pun menyatakan siap mundur. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here