Museum Bone Dibobol Maling, 95 Persen Benda Bersejarah Raib

229

Makassar, Muslim Obsession – Museum Lapawawoi di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dibobol maling. Sebanyak 95 persen benda-benda peninggalan sejarah milik Kerajaan Bone hilang digondol maling.

Kepala Dinas Kebudayaan Bone, Andi Ansar mengatakan, sejumlah barang bersejarah yang disimpan dalam museum hilang. Barang bersejarah yang hilang di antaranya duplikat rambu Raja Bone, Arung Palakka; stempel kerajaan; Bosara; dan, koin-koin kuno pada jaman kerajaan.

“Saya bisa katakan bahwa 95 persen benda-benda di dalam museum hilang,” kata Andi Ansar, Senin (17/1).

Di tempat kejadian perkara, terlihat beberapa pintu bangunan yang merupakan bekas Istana Raja Bone ke XXXII, Ardi Mappunyokki, itu pun dirusak.

Barang yang hilang tersebut, kata, Ansar merupakan aset Pemerintah Kabupaten Bone yang telah bersertifikat nasional, dan memenuhi syarat sebagai benda peninggalan sejarah.

Akibat kejadian pembobolan tersebut, pihaknya telah melaporkan ke pihak kepolisian dan berharap agar pelaku bisa segera ditangkap.

“Hampir semua barang yang menjadi aset pemerintah hilang. Saya sudah minta staf saya untuk melapor ke Polres Bone,” kata Ansar.

Terpisah, Kapolres Bone, AKBP Ardiansyah membenarkan pihaknya telah menerima laporan pencurian di Museum Lapawawoi sehingga pihaknya telah melakukan penyelidikan.

“Iya kami sudah terima laporannya, masih dalam penyelidikan,” kata Ardiansyah.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Benny Pornika menerangkan, bahwa personel telah melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan sejumlah keterangan dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk memastikan kasus ini adalah pencurian atau tidak.

“Kami masih dalam proses penyelidikan dan masih dianalisa,” ujarnya. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here