Mobil Layanan Haji dan Umrah Keliling Mudahkan Warga Pelosok

67

Muslim Obsession – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) telah meluncurkan Mobil Layanan Haji dan Umrah Keliling (MLHUK).

Layanan ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan haji dan umrah kepada masyarakat yang ingin mendaftar haji tetapi masih terkendala jarak antara tempat tinggalnya tengan Kantor Kemenag Kabupaten/Kotanya.

Perencana Ahli Madya Ditjen PHU Slamet mengatakan layanan ini merupakan inovasi dari Ditjen PHU untuk mendekatkan layanannya kepada masyarakat dan jamaah haji dan umrah.

Ia pun mengakui saat ini masih banyak masyarakat yang terkendala jarak untuk mendaftar haji ataupun sekedar mencari informasi terkait penyelenggaraan haji dan umrah.

“Ini merupakan inovasi Ditjen PHU setelah pendaftaran online dan PLHUT, karena masih ada masyrakat yang belum tersentuh pelayanan haji dan umrah ini,” ungkap Slamet, dikutip dari laman Ditjen PHU, Senin (20 Desember 2021).

Kemenag, kata Slamet memberikan inovasi variasi (pilihan) pendaftaran haji kepada masyarakat agar calon jamaah haji yang ada didaerah-daerah  terpencil bisa merasakan kehadiran layanan haji dan umrah ini. Untuk menjaga keberlangsungan layanan ini, sebelum diluncurkan layanan mobil ini sudah didesain prototipe (purwarupa)nya.

“Jadi sudah ada standar layanannya, dan mobilnya tidak mudah dialihfungsikan,” ujarnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here