Menjaga Amanah Rakyat

Dr. Ir. H.E. Herman Khaeron, M.Si (Anggota DPR RI Komisi VI)

168
Dr. Ir. H.E. Herman Khaeron, M.Si (Foto: Sutanto/OMG)

Muslim Obsession – Menjadi anggota DPR RI sampai tiga periode menjadi satu bukti bahwa Dr. Ir. H.E. Herman Khaeron, M.Si. tak main-main dalam menjalankan amanahnya sebagai wakil rakyat.

Melalui kendaraan Partai Demokrat yang ‘pro rakyat’ Herman mampu memperjuangkan serta mewujudkan aspirasi masyarakat, terutama masyarakat di dapilnya, Jawa Barat VIII (Cirebon, Indramayu).

Berawal dari keaktifannya di organisasi sejak muda membawa jalan hidupnya ke panggung politik. Partai Demokrat yang menjadi pilihan tempatnya berkarier dan mengabdi di dunia politik dengan tujuan ingin memperbaiki negeri ini setelah krisis moneter yang telah meluluhlantakan sendi sendi pembangunan pada tahun 1998 lalu.

Herman yang sebelumnya berprofesi sebagai seorang profesional di berbagai perusahaan besar ini, mengikuti kontestasi pemilu pertama pada tahun 2009. Jalan hidup dan atas ridho Allah SWT yang mengantarkannya menjadi seorang politisi Partai Demokrat di kursi Senayan.

Tentu bukan hal yang mudah. Namun beruntungnya, jauh sebelum itu, Herman dikenal dekat dengan masyarakat di dapilnya, terutama masyarakat di sekitar pesisir, seperti petani, nelayan, budi daya ikan, hingga pelaku UMKM yang begitu diperhatikannya.

Dengan demikian kesempatan menjadi wakil rakyat ia gunakan sebaik mungkin untuk memperjuangkan serta mewujudkan aspirasi mereka.

“Tentu ini adalah kesempatan yang tidak saya sia-siakan untuk berkarya lebih banyak, lebih produktif dan berkarya lebih menghasilkan jawaban atas harapan-harapan rakyat,” ucap Herman.

Bukan sekadar lips service, Herman banyak turun ke dapil untuk melihat permasalahan sesungguhnya di lapangan, selain tentunya keaktifannya sebagai pengurus di DPP Partai Demokrat.

Tiga periode menjadi wakil rakyat dengan berbeda-beda komisi, periode pertama (2009-2014) ia sempat menjabat pimpinan Komisi IV yang membidangi pertanian. Di situlah ia berperan besar dalam mendorong peningkatan kesejahteraan kapasitas masyarakat petani, nelayan, budi daya ikan, petambak garam, dan lainnya.

Satu periode dirasakan berhasil menampung dan mewujudkan aspirasi rakyat, ia kembali terpilih pada periode berikutnya (2014-2019).

Menurut Herman, kepercayaan dari rakyat salah satunya karena dalam berkarier di politik, ia memegang teguh idealisme dengan modal aspirasi rakyat! Apa yang menjadi harapan dan aspirasi rakyat, itulah yang harus menjadi perjuangannya sebagai wakil rakyat.

Periode kedua, Herman duduk di komisi VII yang membidangi pertambangan dan energi kemudian pada akhir periode ia menjadi pimpinan komisi II DPR RI yang antara lain membidangi pemerintahan, kepemiluan.

Pada periode berikutnya (2019-2024) Herman memilih komisi VI DPR RI yang di antaranya membidangi perdagangan dan UMKM karena ia melihat banyak sekali masyarakat pelaku UMKM yang perlu dibantu.

Apalagi menurutnya, UMKM selama ini telah menjadi basis dan tulang punggung perekonomian masyarakat.

“Ada 65 juta UMKM di seluruh Indonesia yang sebagian ada di daerah pemilihan saya, tentu ini menjadi tanggungjawab moral siapapun, temasuk saya bertanggung jawab terhadap peningkatan UMKM sebagai sumber kehidupan masyarakat, sumber peningkatan ekonomi nasional bahkan ini bisa menjadi sumber kehidupan masa depan seluruh rakyat Indonesia,” paparnya.

Meski sudah tiga periode duduk di senayan namun Herman merasa PR nya masih panjang. Masih ada kendala-kendala dalam mewujudkan aspirasi rakyat. Namun ia tak tak tinggal diam, segala cara dilakukannya demi kepuasan dan kesejahteraan rakyat.

Seperti misalnya, komunikasi dengan Bupati, Gubernur, maupun kementerian terkait dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat terutama masyarakat di dapilnya.

Harapan Rakyat, Perjuangan Demokrat

Satu hal yang membuat Herman Khaeron memiliki loyalitas dan dedikasi tinggi pada Partai Demokrat adalah karena Partai Demokrat memiliki semangat dan kepedulian tinggi pada masyarakat, terutama masyarakat kecil.

Ya, Partai Demokrat lahir pada 2001 lalu karena harapan rakyat. Lahir pasca reformasi membawa sejuta harapan perubahan, perbaikan menuju Indonesia yang lebih baik lagi.

Herman bahkan menegaskan bahwa pesan Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku pendiri Partai Demokrat, bahwa yang terpenting dalam berpolitik adalah bagaimana kita bisa mewujudkan harapan-harapan rakyat.

Begitupun di era kepemimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dikemas dengan cara kekinian agar lebih efektif dalam menjaring harapan-harapan rakyat.

“Di bawah kepemimpinan Mas AHY, menurut saya juga ada peran yang sangat besar, bagaimana meningkatkan perannya melalui smart party, menjadi partai yang modern, partai yang seluruh manajerialnya ataupun taktik dan caranya menyesuaikan dan beradaptasi terhadap perubahan perubahan zaman,” tutur Herman.

Sebagai partai yang ‘pro rakyat’ Partai Demokrat selalu terdepan dalam hal kepentingan rakyat. Sebagai contoh nyata, ketika awal terjadinya pandemic Covid-19, AHY sebagai Ketua Umum yang memiliki empati dan kepedulian tinggi menginstruksikan langsung Gerakan Nasional Covid – 19.

Kala itu Partai Demokrat hadir untuk rakyat dengan membagikan masker kepada masyarakat serta membagikan APD untuk tenaga medis yang kala itu sulit didapat. Bahkan juga memberikan bantuan sosial senilai ratusan miliar rupiah. (Ita/MO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here