Media Internasional Ramai-Ramai Berhenti Siaran di Rusia, Imbas UU Putin

143

Jakarta, Muslim Obsession – Media arus utama internasional ramai-ramai memutuskan untuk menghentikan siaran di Rusia. Beberapa media itu antara lain, CNN, BBC, dan Bloomberg. Hal ini imbas dari undang-undang baru yang disahkan Presiden Vladimir Putin terkait pengawasan media.

CNN menyatakan akan menghentikan sementara siaran di Rusia mulai pekan depan sembari menganalisis situasi dalam waktu dekat terkait penerapan UU baru tersebut.

“CNN akan menghentikan siaran di Rusia sementara kami terus mengevaluasi situasi dan langkah kami selanjutnya,” kata seorang juru bicara CNN seperti dikutip Reuters pada Sabtu (5/3).

Selain CNN, BBC, Bloomberg, hingga Canadian Broadcasting Corp juga telah menangguhkan siaran mereka dari Rusia menyusul pengesahan UU baru soal media tersebut.

“Perubahan Undang-Undang Pidana, yang tampaknya dirancang untuk membungkam wartawan independen menjadi tindakan kriminal murni oleh asosiasi, membuat situasi tidak mungkin untuk melanjutkan praktir jurnalisme normal di dalam negeri,” kata Pemimpin Redaksi Bloomberg John Miclethwait melalui pernyataan.

Presiden Putin menandatangani UU yang dapat memberikan kewenangan pemerintah memenjarakan hingga 15 tahun setiap pihak yang dianggap menyebarkan berita palsu tentang pergerakan militer Rusia dalam perang di Ukraina.

RUU tersebut, yang diadopsi oleh anggota parlemen sebelumnya pada hari Jumat, menetapkan hukuman penjara dengan jangka waktu yang berbeda-beda dan denda terhadap orang-orang yang dianggap mempublikasikan “informasi yang diketahui salah” tentang militer, dengan hukuman yang lebih keras untuk dijatuhkan ketika penyebaran dianggap memiliki konsekuensi serius.

Putin juga menandatangani RUU yang akan memungkinkan denda atau hukuman penjara hingga tiga tahun karena menyerukan sanksi terhadap Rusia dengan Moskow menghadapi hukuman ekonomi yang keras dari ibu kota Barat atas invasi tersebut. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here