Masjidil Haram Luncurkan Al-Quran Elektronik untuk Tunanetra

104

Muslim Obsession – Masjidil Haram Makkah telah secara resmi memperkenalkan Al-Quran elektronik untuk membantu jamaah Muslim tunanetra.

Al-Quran elektronik Haramain menggunakan teknologi canggih berbasis braille. Panjangnya hampir enam inci dan lebar empat inci, memungkinkan pengguna untuk berpindah dengan mulus antar halaman menggunakan sel braille berkualitas tinggi.

“Rak khusus sedang disiapkan untuk 100 perangkat braille elektronik yang telah dirancang untuk tunanetra,” kata Ghazi Al-Thubyani, perwakilan dari Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, dilansir About Islam, Selasa (28/12/2021).

“Setiap sel dapat menampung enam titik putus-putus, serta 10 tombol digital yang memungkinkan pengguna memasukkan nomor halaman untuk navigasi cepat, serta tombol rotasi. Mereka juga dapat menggulir baris di setiap sisi teks dalam huruf braille,” ujar Al-Thubyani.

“Layanan ini akan segera diberikan. Kami hampir selesai menyiapkan rak untuk perangkat ini agar dapat dijangkau oleh para jamaah yang tidak dapat melihat yang mengunjungi masjid suci.”

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci (GPH) akan segera menyediakan versi digital Al-Qur’an, yang dirancang dan ditugaskan untuk orang buta yang mengunjungi Masjidil Haram Makkah.

Selain proyek perangkat baru yang memakan waktu hampir 10 bulan, Masjidil Haram juga menawarkan Al-Quran dalam bentuk kertas Braille.

“Setiap mus’haf (salinan Al-Quran) terdiri dari enam jilid. Kami juga memiliki buklet braille yang dirancang khusus untuk anak-anak tunanetra untuk membantu mereka belajar tentang tauhid dan dasar-dasar Islam,” tambahnya.

Memimpin tim yang menciptakan perangkat baru, Misha’al Al-Harasani sebelumnya menggambarkan penemuannya sebagai papan elektronik dengan 28 karakter. Setiap karakter memiliki enam huruf braille, dan halaman papan berisi 28 baris.

“Para tunanetra dapat membaca Al-Quran dengan mudah dan menavigasi halaman dengan cara yang sama seperti seluruh Al-Quran terdaftar di papan tulis,” ucap Al-Harasani. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here