Masjid Quba Akan Diperluas Sepuluh Kali Lipat

77

Muslim Obsession – Proyek pembangunan kembali Masjid Quba yang bersejarah di Madinah telah dimulai.

Hal ini dilakukan untuk memperluas situs suci yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW lebih dari 1.440 tahun yang lalu, untuk menampung lebih banyak jamaah.

Saat mengumumkan rencana pembangunan pada April lalu, Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan bahwa luas awal masjid hanya 5.035 dan akan diperluas sepuluh kali lipat menjadi 50.000 meter persegi, sehingga diharapkan dapat menampung lebih dari 66.000 jamaah.

“Perluasan tersebut diharapkan dapat mengatasi peningkatan jumlah pengunjung dan sejalan dengan Visi Kerajaan 2030 untuk meningkatkan layanan kepada jamaah,” kata MBS saat mengunjungi Masjid Quba selama Ramadhan lalu.

Dia menambahkan bahwa perbaikan akan meningkatkan pengalaman ibadah dan budaya pengunjung.

Sejak 2018, Putra Mahkota telah mulai melaksanakan rencana untuk memulihkan lebih dari 130 masjid bersejarah di Kerajaan di bawah program regenerasi nasional pemerintah Saudi.

Seperti dilansir Arab News, proyek ini akan memastikan masjid dapat melayani jamaah dalam jumlah besar selama musim puncak.

Halaman masjid direncanakan dibuat lebih teduh dan dibangun pada empat sisi dan dapat dihubungkan dengan area sholat tetapi tidak akan melekat secara struktural dengan bangunan utama.

Selain itu, sistem jalan dan infrastruktur sekitarnya juga akan diubah untuk memberikan akses yang lebih mudah ke masjid.

Revitalisasi yang akan memperhatikan pelestarian gaya arsitektur masjid dan monumen sekitarnya diprediksi akan mampu mengatasi masalah kepadatan penduduk serta meningkatkan keselamatan dan keamanan pengunjung.

Masjid Quba hanya berjarak sekitar 5 kilometer selatan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini merupakan tempat ibadah pertama dalam sejarah Islam dan dibangun pada 1 H atau 622 M.

Nabi Muhammad dikatakan sering mengunjungi masjid ini setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau naik unta untuk shalat dua rakaat dan mendesak para sahabatnya untuk melakukannya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here