Masjid di Hyderabad Buka Layanan Cuci Darah Gratis

115

Muslim Obsession – Sebuah masjid yang terletak di Langar Louz, Hyderabad, telah menyediakan ruang kosong untuk mendirikan unit hemodialisis lengkap.

Manajemen Masjid-e-mohammadika menyumbangkan sebagian ruang kosong di masjid sebagai pusat cuci darah gratis canggih yang akan memberikan layanan cuci darah gratis untuk orang-orang yang kurang mampu dari lapisan masyarakat yang lebih rendah, tanpa memandang kasta dan agama.

Puskesmas ini merupakan hasil kerja sama dua LSM, Helping Hand Foundation dan SEED US. LSM Helping Hand Foundation dan SEED USA telah bekerja sama dengan tujuan memanfaatkan ruang kosong di masjid untuk digunakan sebagai fasilitas perawatan kesehatan masyarakat yang penting untuk membina kerukunan selain melayani yang membutuhkan.

Sejauh ini, kedua LSM tersebut telah mendirikan enam puskesmas dan panti jompo di masjid-masjid.

Unit hemodialisis di Hyderabad secara resmi dibuka oleh Syed Mazharuddin Hussaini, Direktur eksekutif SEED.

Menurut Hussaini, sekitar Rs 45 lakh telah diinvestasikan untuk pengaturan awal unit ini. Dan sekitar Rs 2 lakh per bulan akan dikelola oleh Helping Hand Foundation.

Mujtaba Hasan Askari, wali amanat Yayasan Helping Hand mengatakan bahwa unit hemodialisis di masjid e-mohammadika akan dilengkapi dengan lima mesin Fresenius dan akan menerima lima mesin lagi dalam tiga bulan ke depan.

Unit akan dirancang seperti rumah sakit perusahaan di dalam gedung masjid tetapi memiliki akses terpisah untuk pasien dialisis dan dilengkapi dengan peralatan berkualitas tinggi, perawatan klinis, dan fasilitas untuk mengelola keadaan darurat di tempat.

Lebih lanjut, Askari menjelaskan bahwa Hyderabad memiliki 50.000 orang yang menderita penyakit ginjal kronis, sehingga unit tersebut diperkirakan dapat menyelamatkan pasien miskin sebesar 1 crore dolar per tahun untuk biaya perawatan kesehatan esensial.

Unit ini akan dioperasikan di bawah pengawasan medis Dr. Shoeb Ali Khan, seorang konsultan nefrologis terkemuka dan ahli bedah transplantasi ginjal.

Seorang dokter medis, ANM, teknisi dialisis, dan ambulans akan tersedia di pusat dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam pada hari tertentu.

Siapa saja yang membutuhkan layanan cuci darah gratis dari unit ini dapat menghubungi 9603540864.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here