Lampung Bakal Jadi Tuan Rumah Mukernas ke-2 MUI Pusat Tahun 2022

77

Muslim Obsession – Provinsi Lampung bakal menjadi tuan rumah ajang nasional yang akan diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

MUI Pusat akan menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke-2 yang akan dihadiri oleh Dewan Pimpinan, Dewan Pertimbangan, Pimpinan Komisi/Badan/Lembaga, Pimpinan MUI Provinsi, dan Pimpinan Organisasi/Lembaga Islam Tingkat Pusat.

Ketua Umum MUI Provinsi Lampung Prof KH Mohammad Mukri mengatakan bahwa MUI Lampung siap menyukseskan kegiatan nasional yang direncanakan akan dilaksanakan pada awal Desember 2022.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dan konsolidasi internal serta melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait di Lampung.

“Agenda Mukernas adalah untuk menjabarkan Garis-Garis Besar Program hasil Munas dalam bentuk kegiatan kerja, evaluasi terhadap kegiatan kerja sebelumnya dan menetapkan kegiatan kerja selanjutnya,” jelas Prof Mukri dalam Rapat Koordinasi Dewan Pimpinan Harian MUI Provinsi Lampung di Bandarlampung.

Selain itu lanjutnya, Mukernas yang dihadiri berbagai komponen umat yang selama ini menjadi pilar kepengurusan MUI juga menjadi forum untuk saling memperkuat silaturrahim, menguatkan komitmen, semangat kebersamaan, sekaligus musyawarah untuk mufakat tentang berbagai isu/permasalahan/agenda umat.

“Mukernas akan merumuskan sumbangan pemikiran MUI untuk terwujudnya kemajuan umat dan kesejahteraan bangsa serta negara yang kuat. Hal ini menjadi wujud komitmen MUI untuk ikut mengambil tanggung jawab terhadap nasib dan masa depan umat, bangsa, dan negara dalam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945,” terangnya tentang kegiatan yang direncanakan dihadiri oleh Wapres KH Ma’ruf Amin ini.

Pada kesempatan tersebut, Prof Mukri juga menjelaskan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus menjalankan peran sebagai pelayan umat (khadimul ummah), mitra pemerintah (shadiiqul hukumah), dan menjaga umat (himaayatul ummah).

Peran tersebut ditunaikan sebagai ikhtiar untuk mewujudkan tujuan MUI yakni mewujudkan masyarakat yang terbaik (khaira ummah), negara yang aman, damai, adil dan makmur rohaniah dan jasmaniah yang diridhai Allah SWT (baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur).

“MUI juga secara terus menerus dan berksinambungan mengambil tanggung jawab terlibat dan mengambil inisiatif dalam mengisi pembangunan dan mengarahkan perjalanan kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan.”

“Hal tersebut secara nyata dapat dilihat dari kebijakan, keputusan, fatwa, dan program kerja yang dilaksanakan oleh MUI sejak di tingkat pusat, provinsi, hingga ke kabupaten/kota dan kecamatan (sesuai susunan organisasi MUI),” tambahnya.

Hadir pada pertemuan tersebut segenap pengurus harian MUI Lampung dan Ganjar Jationo Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here