Lagi, Pegadaian Diganjar sebagai Perusahaan Tepercaya di Ajang GCG Award 2022

78

Jakarta, Muslim Obsession – PT Pegadaian mendapatkan penghargaan sebagai “Indonesia Most Trusted Company” di ajang GCG Award 2022 karena dinilai konsisten menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

Penghargaan tersebut diperoleh selama dua tahun berturut-turut, dimana pada GCG Award 2021 lalu skor Corporate Governance Perception Index (CGPI) perusahaan tercatat sebesar 87,71.

Sementara tahun ini skor meningkat menjadi 87,81. Dengan perolehan skor tersebut Pegadaian berhasil mempertahankan peringkatnya sebagai salah satu perusahaan terpercaya di Indonesia.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan, seluruh jajaran perusahaan mempunyai komitmen untuk mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik.

Prinsip-prinsip GCG seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independen dan keadilan terus dilakukan dan ditingkatkan.

“Jajaran manajemen dan seluruh Insan Pegadaian menyadari bahwa hanya perusahaan yang terus dikelola dengan prinsip-prinsip GCG-lah yang akan mampu bertahan dan tumbuh secara berkelanjutan. Apalagi di era yang penuh volatilitas, ketidakpastian, ambigu dan kompleks. Oleh karena itu semua Insan Pegadaian harus memahami visi dan misi perusahaan serta mewujudkannya sesuai dengan bidang tugas masing-masing,” kata Basuki.

Ia juga mengatakan dari sisi komunikasi dalam rangka mewujudkan transparansi, Pegadaian menyiapkan kanal-kanal komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat. Selain melalui website pegadaian.co.id, perusahaan juga mengelola media sosial sebagai saluran komunikasi.

“Perusahaan juga membuka layanan pengaduan baik melalui layanan contact center maupun whistleblowing system. Untuk masyarakat yang memerlukan informasi juga dapat menghubungi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)”.

Sementara itu Chief of Editor SWA Media Kemal Gani selaku penyelenggara mengatakan, tahun ini ajang GCG Award telah memasuki gelaran yang ke-21. Mengusung tema “Membangun Ketangguhan Perusahaan dalam Kerangka GCG”, program riset dan pemeringkatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan melakukan penilaian terhadap upaya penerapan oleh perusahaan secara berkelanjutan.

“Puncak acara GCG Award ini memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan peserta sebagai bagian dari Indonesia Trusted Companies. Saya yakin pemeringkatan maupun penghargaan ini bermanfaat bagi para pemangku kepentingan terutama dalam rangka membangun Indonesia yang lebih tangguh,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here