Kuil Hindu di Pakistan Buka Tempat Tinggal Bagi 200 Muslim Selama Banjir

357

Muslim Obsession – Banjir bandang akibat hujan deras yang melanda Pakistan selama beberapa bulan terakhir telah memaksa jutaan orang kehilangan rumah, keluarga, pekerjaan, harta benda, dan bahkan nyawa.

Data menunjukkan bahwa bencana tersebut telah menewaskan sedikitnya lebih dari 1.300 orang.

Di tengah kehancuran tersebut, masyarakat Hindu di Balochistan menunjukkan sikap kemanusiaan dan kerukunan umat beragama dengan membuka pintu pura Hindu untuk melindungi masyarakat yang terkena dampak banjir di sekitarnya.

Penduduk Hindu dari desa kecil Jalal Khan di distrik Kachi di Balochistan telah membuka pintu kuil Baba Madhudas Mandir untuk setidaknya 200 korban banjir, yang kebanyakan dari mereka adalah Muslim.

Candi Hindu dilaporkan hanya sedikit terkena banjir karena terletak di dataran tinggi, sehingga dapat berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi masyarakat yang terkena dampak banjir karena daerah tersebut terputus dari provinsi lain.

Menurut penduduk, Baba Madhodas adalah orang suci Hindu yang dicintai tidak hanya oleh umat Hindu tetapi juga oleh umat Islam sebelum pemisahan pada tahun 1947.

Itaf Buzdar, seorang pengunjung yang sering ke desa tersebut, mengatakan bahwa Baba memandang orang melalui prisma kemanusiaan tanpa diskriminasi terhadap kasta dan keyakinan mereka.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika umat Hindu dari Balochistan sering mengunjungi kuil tersebut.

Menurut penanggung jawab kuil Hindu saat ini, Ratan Kumar, kuil ini memiliki lebih dari 100 kamar, biasanya digunakan untuk menampung peziarah dari seluruh Balochistan dan Sindh setiap tahun.

Anak laki-laki Kumar menjelaskan bahwa meskipun beberapa kamar telah rusak akibat banjir, sebagian besar bangunan aman.

Selain menyediakan makanan dan tempat berteduh bagi manusia yang terkena dampak banjir, pura ini juga menampung hewan ternak masyarakat, seperti kambing dan domba.

Pengungsi yang kehilangan rumah karena banjir mengatakan mereka awalnya terputus dari distrik lain dan hanya menerima makanan melalui helikopter.

Namun kemudian, masyarakat Hindu, melalui pura mulai membantu mereka.

Israr Mugheri, seorang dokter di Jalal Khan yang telah mendirikan kamp medis di dalam kuil, menjelaskan bahwa umat Hindu memanggil melalui pengeras suara agar umat Islam bergegas ke kuil untuk berlindung.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here