Kopi Sehat UBM: Teruslah Berbenah Diri

198

Oleh: Ustadz Buchory Muslim (Ketua Lembaga Komunikasi dan Penyiaran Islam PP PARMUSI, Direktur An-Nahl Institute Jakarta, Politisi Partai Ummat)

LEBIH baik kehilangan sepuluh orang yang hanya menjadi beban dan perusak daripada kehilangan seorang yang membantumu untuk bahagia.

Tidak perlu banyak orang, sedikit asal bergerak secara continue.

BACA JUGA:

Kopi Sehat UBM: Jangan Menyerah

Kopi Sehat UBM: Kekuatan Silaturrahim

Kopi Sehat UBM: Indahnya Persaudaraan Imani

Terkadang ego juga memberikan manfaat apabila yang egonya besar berserikat dengan orang yang tidak ego. Apabila yang ego berserikat dengan yang ego, tentu akan timbul percekcokan dan konflik. Begitupun yang tidak ego berserikat dengan yang tidak ego, terasa tidak punya spirit.

So tergantung kita, jika mereka atau dia sudah tidak bisa saling memberikan kebahagiaan, maka tinggalkanlah mereka, yakinlah ketika kita kehilangan sepuluh orang, maka insyaAllâh kita bisa mendapatkan lima orang yang lebih baik.

Begitulah yang kadang terjadi. Karenanya teruslah berbenah, dengan memperbaiki hati, mengelola jiwa dan menata diri menjadi unsur utama mengundang perubahan besar dari Allâh عزوجل.

BACA JUGA: Kopi Sehat UBM: Jaga Silaturrahim

Bukankah dalam Al-Qurân telah jelas Allâh janjikan? Coba kita renungkan dengan seksama ayat ini:

خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

“Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allâh. Sesungguhnya Allâh tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allâh menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia,” (QS. Ar-Ra’ad: 11).

والله اعلم وبارك الله فيكم

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here