Kopi Sehat UBM: Mengadulah Hanya kepada Allah

64

Oleh: Ustadz Buchory Muslim (Dai Nasional Parmusi, Politisi Partai Ummat, Aktivis Islam & Advokat Muslim)

JIKA rencana sudah dimatangkan, lobi sudah dilakukan, upaya sudah dijalankan, misi sudah dimusyawarahkan, berdoa harus terus dikuatkan, munajat harus terus dikencangkan agar semua dimudahkan dan dilancarkan oleh Allâh ﷻ.

Tidak akan menyesal orang yang suka atau selalu bermusyawarah, tidak akan merugi orang yang suka beristikharah. Begitulah spirit yang sering diperdengarkan oleh para Guru kami mengutip ungkapan manusia mulia Rasûlullâh ﷺ:

        مَا خَابَ مَنِ اسْتَخَارَ وَلاَ نَدِمَ مَنِ اسْتَشَارَ وَلاَ عَالَ مَنِ اقْتَصَدَ

“Tidak akan merugi orang yang beristikharah, tidak akan kecewa orang yang bermusyawarah, dan tidak akan miskin orang yang hidupnya hemat,” (HR. At-Thabarani).

BACA JUGA: Kopi Sehat UBM: Halal Makanannya, Kuat Ibadahnya, Akan Sehat Hidupnya

Jadi, jika ada aral merintangi, masalah menghadang, baca, tadabbburi dan renungkan dengan tenang ayat yang penuh spirit ini:

  قَالَ اِنَّمَآ اَشْكُوْا بَثِّيْ وَحُزْنِيْٓ اِلَى اللّٰهِ وَاَعْلَمُ مِنَ اللّٰهِ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

“Dia (Yakub) menjawab, “Hanya kepada Allâh aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. Dan aku mengetahui dari Allâh apa yang tidak kamu ketahui,” (QS. Yusuf: 86).

BACA JUGA: Kopi Sehat UBM: Pilihan Hidup

Mengadu dan serahkanlah semua dukamu, laramu, sedihmu, pilumu, lemah dan kurangmu kepada Allâh ﷻ, karena hanya DIA-lah yang Maha Kuat lagi Perkasa yang mampu mengatasinya.

Engkau mungkin tak tahu siapa lawan dan musuhmu ketika senang, tetapi engkau pasti kan tahu siapa kawan dan sahabatmu ketika susah.

Susah, sedih dan gundah itu tak ada kawan, saudara apalagi sahabat. Mengadulah pada DIA YANG MAHA KUASA, Dia yang selalu mau dan terus mendengar doa, munajat bahkan keluh kesah dan rintihan apalagi di tengah malam atau setiap sujudmu.

والله اعلم وبارك الله فيكم

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here