Kongo Umumkan Wabah Ebola di Negaranya Sudah Berakhir

60

Muslim Obsession – Pihak berwenang di Republik Demokratik Kongo (DR Kongo) pada Kamis (16/12/2021) mengumumkan akhir dari wabah Ebola yang muncul pada awal Oktober di provinsi Kivu Utara dan menginfeksi 11 orang, serta menewaskan enam orang.

DR Kongo mengumumkan wabah penyakitnya yang ke-13 pada 8 Oktober di Beni di timur negara itu, memicu kekhawatiran akan terulangnya epidemi 2018-2020 yang menewaskan hampir 2.300 orang di wilayah yang sama, jumlah korban tertinggi kedua yang tercatat di riwayat penyakitnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada petugas kesehatan di zona kesehatan Beni yang telah menangguhkan gerakan mogok mereka untuk mengatasi epidemi ini,” kata Menteri Kesehatan Jean-Jacques Mbungani dalam jumpa pers online, dilansir Daily Sabah.

Virus yang menyebabkan muntah dan diare parah, dan menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh, pertama kali ditemukan di dekat Sungai Ebola pada tahun 1976.

“Otoritas kesehatan memvaksinasi lebih dari 1.800 orang menggunakan vaksin ERVEBO yang baru-baru ini dilisensikan oleh Merck,” kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sebuah pernyataan.

“Selama wabah ini, Republik Demokratik Kongo mampu membatasi infeksi yang meluas dan menyelamatkan nyawa. Pelajaran penting sedang dipelajari dan diterapkan pada setiap pengalaman wabah,” ujar Matshidiso Moeti, direktur WHO Afrika.

“Pengawasan penyakit yang lebih kuat, keterlibatan masyarakat, vaksinasi yang ditargetkan, dan respons yang cepat membuat penahanan Ebola lebih efektif di wilayah tersebut,” ucap Moeti.

WHO mengatakan personelnya didampingi oleh seorang ahli kesehatan seksual untuk membantu mencegah perilaku yang tidak pantas dan kasar, menyusul laporan yang memberatkan pada bulan September tentang skandal kekerasan seksual yang melanda WHO dan lembaga bantuan lainnya.

Lebih dari 80 pekerja bantuan, seperempat di antaranya dipekerjakan oleh WHO, terlibat dalam pelecehan dan eksploitasi seksual selama wabah Ebola 2018-2020.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here