Kondangan, Jangan Lupa Embuskan Doa untuk Pengantin Baru

204
Ilustrasi: Menikah

Muslim Obsession – Bersanding dengan pasangan terkasih sebagai pengantin merupakan salah satu fase membahagiakan dalam kehidupan seorang manusia.

Kebahagiaan sepasang pengantin akan bertambah jika mendapat kunjungan dan doa dari kerabat, saudara, teman, dan orang-orang yang dikenalnya.

Oleh karenanya, jangan lupa embuskan doa kepada pasangan pengantin saat hadir dalam sebuah undangan walimatul ‘ursy.

Ada sebuah doa yang dicontohkan Rasulullah ﷺ untuk mendoakan sepasang pengantin.

BACA JUGA: 3 Pesan Rasulullah untuk Para Pengantin Baru

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia menyatakan bahwa jika Nabi ﷺ ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau mendoakan:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

“Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan,” (HR. Abu Daud, no. 2130; Tirmidzi, no. 1091. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Memenuhi undangan pernikahan (walimatul ‘ursy) sejatinya adalah hak setiap Muslim bagi Muslim lainnya. Sebagaimana diutarakan Rasulullah ﷺ melalui haditsnya.

BACA JUGA: Muhammadiyah Tegaskan Nikah Beda Agama Tidak Sah dalam Islam dan UU

Nabi ﷺ pernah bersabda yang artinya, “Hak muslim pada muslim yang lain ada enam yaitu: (1) Apabila engkau bertemu, berilah salam padanya, (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya, (3) Apabila engkau dimintai nasehat, berilah nasehat padanya.

(4) Apabila dia bersin lalu mengucapkan ’alhamdulillah’, doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’, pen), (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia, dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya,” (HR. Muslim).

Di antara hak yang harus ditunaikan seorang muslim pada muslim yang lain dalam hadits ini adalah memenuhi undangan.

Wallahu a’lam bish shawab. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here