Ketum PBNU Berkunjung ke Abu Dhabi, Bahas Kerjasama Pendidikan

262

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) selama dua hari, yaitu pada 15-16 Juni 2022.

Kedatangan Gus Yahya ditemani Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, pertemuan ini membahas kerja sama di bidang pendidikan.

Sebagaimana dikutip dari akun resmi PBNU @nahdlatululama, pertemuan tersebut menghasilkan kerja sama antara Mohamed Bin Zayed School for Future Studies (MBZFS) dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta dalam bidang pendidikan dengan mendirikan pusat studi yang difokuskan pada Future Society and Future Technology.

“Kedua kampus juga sepakat untuk membuat Memorandum Saling Pengertian (MSP) yang diharapkan dapat ditandatangani dan dipertukarkan pada kunjungan Presiden RI ke Abu Dhabi pada awal bulan Juli 2022 (mendatang),” tulis @nahdlatululama pada Ahad, (19/6/2022) lalu.

Dalam lawatan tersebut, Gus Yahya bertemu sejumlah pejabat negara itu, di antaranya dengan Menteri Energi dan Infrastruktur Persatuan Emirat Arab (PEA) H E Suhail Mohamed Al Mazrouei, Mohammed Bin Zayed University for Humanities, Kementerian Ekonomi dan Kementerian Industri PEA.

Kemudian, Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup PEA, Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dan Ruler Abu Dhabi Syekh Mohammed bin Zayed al-Nahyan (MBZ).

Sementara, dalam pertemuannya dengan Menteri Energi dan Infrastruktur PEA, keduanya menyepakati bahwa NU akan membangun Center for Future Studies yang bertujuan untuk mempromosikan harmoni antara Islam dan kemajuan peradaban.

Tidak hanya membahas soal kerja sama di bidang pendidikan, lawatan Gus Yahya ke Abu Dhabi juga membicarakan kerja sama di beberapa bidang, termasuk terkait perubahan iklim.

“Dalam kunjungan ke Abu Dhabi ini juga ada beberapa rencana kerja sama di antaranya tentang perubahan iklim serta kerja sama bidang lainnya,” tulis akun @nahdlatululama.

Diketahui, sebelumnya Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) Abdulla Salem Al-Dhaheri pernah berkunjung ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, pada Jumat (3/6/2022) dan bertemu dengan Gus Yahya untuk membahas kerja sama di bidang pendidikan. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here