Kepercayaan Publik Turun, Kapolri Percaya Masih Banyak Polisi yang Baik

175
Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. (Foto: jawapos)

Jakarta, Muslim Obsession – Kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri tengah menurun lantaran banyaknya pemberitaan negatif atas kelakukan beberapa oknum polisi yang melanggar hukum dari berbagai kasus kejahatan.

Kondisi ini menjadi sorotan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. Ia prihatin dengan banyaknya pemberitaan negatif yang menyerang institusinya. Namun, Kapolri percaya masih banyak polisi yang berhati baik.

“Masih sangat banyak polisi yang baik dibanding oknum, sehingga manfaatkan perkembangan teknologi untuk memunculkan terobosan kreatif dan positif yang ada,” kata dia.

Hal itu disampaikan Sigit dalam acara penutupan pendidikan yang digelar di Lembang, Jawa Barat, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

Sigit pun berpesan kepada anak buahnya agar menjadi pemimpin yang mengayomi dan melayani anggota dan masyarakat.

Menurut Sigit, seorang pemimpin mesti memiliki sifat dan sikap yang kuat, berani, dan responsif. Selain itu, menurut dia, pemimpin juga mesti menguasai lapangan.

Sigit menegaskan seorang pemimpin harus mau turun ke bawah untuk mendengarkan secara langsung aspirasi dari masyarakat dan anggotanya. Ia pun mengingatkan agar pemimpin dapat mengelola emosi dengan baik.

“Turun langsung ke lapangan agar tahu apa yang dirasakan masyarakat dan anak buah. Jaga emosi, jangan terpancing. Emosi mudah meledak akan akibatkan perbuatan yang tidak terukur,” kata Kapolri.

“Apalagi diberikan kewenangan oleh undang-undang, maka tindakan tidak tersebut akan berpotensi menjadi masalah,” lanjut mantan Kabareskrim itu. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here