Kena Mental, Wartawan Israel Dicuekin oleh Para Penggemar di Qatar

128

Muslim Obsession – FIFA setuju untuk mengizinkan ribuan warga Palestina dan Israel menghadiri Piala Dunia di Qatar melalui penerbangan langsung dari Tel Aviv ke Doha.

Namun, pejabat Qatar telah menegaskan kembali bahwa langkah tersebut tidak mengubah sikap negara Teluk itu terhadap normalisasi dengan Israel.

Di media sosial, viral video yang memperlihatkan para penggemar sepak bola Arab di Doha menghindari jurnalis Israel yang mendekati mereka untuk wawancara di Piala Dunia Qatar 2022.

Dilansir Doha News, Selasa (22/11/2022) Penggemar Lebanon, Saudi dan Qatar didekati oleh wartawan dari saluran TV Israel, menurut video tersebut.

Para penggemar langsung menolak untuk diwawancarai begitu mengetahui identitas reporter tersebut.

Reporter Channel 12 tersebut mengakui bahwa hampir semua penggemar Arab yang mereka temui dan memperkenalkan diri umumnya menolak untuk berbicara dengan mereka.

“Tapi ada sekelompok pemuda Lebanon, yang sikapnya berubah 180 derajat saat kami memberi tahu mereka bahwa kami berasal dari Israel,” ungkapnya.

Sebuah video juga menunjukkan para penggemar Lebanon segera pergi begitu reporter memberi tahu mereka bahwa dia berasal dari Israel.

Salah satu penggemar bahkan kembali ke reporter untuk menyatakan, “Tidak ada yang namanya Israel. Itu adalah Palestina. Israel tidak ada.”

Video lain menunjukkan dua penggemar Saudi menolak untuk berbicara dengan seorang reporter yang memberi tahu mereka bahwa dia orang Israel.

Aktivis Palestina Muna al-Kurd memperingatkan penggemar di Qatar bahwa wartawan Israel dapat menyembunyikan logo media mereka untuk menyembunyikan identitas mereka dalam upaya untuk mendapatkan beberapa wawancara dari penggemar Arab.

Ia mengimbau para penggemar melalui Instagram untuk selalu menanyakan identitas kanalnya saat didekati wartawan.

Ini bukan pertama kalinya orang Arab menunjukkan solidaritas dengan Palestina dalam acara olahraga.

Nadia Fawaz, juara catur junior Lebanon, menolak untuk melawan lawan Israel di Festival Catur Internasional Abu Dhabi ke-28 di Uni Emirat Arab pada Agustus lalu.

Sekitar waktu yang sama, bintang tenis Irak Nasr Mahdi dan Mohammad al-Mahdi mengundurkan diri dari Turnamen Tenis Kursi Roda Terbuka Bucharest 2022 di Rumania untuk menghindari persaingan melawan Israel.

Pada bulan Juli, pejuang taekwondo Yordania Maysir al-Dahamsheh menolak untuk memainkan pertandingan melawan Israel di Kejuaraan Kadet dan Junior Dunia Taekwondo 2022 di Sofia, Bulgaria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here