Kemenlu Evakuasi 25 WNI dari Ukraina ke Rumania

564

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI telah mengevakuasi 25 warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina ke Rumania. Mereka dievakuasi dari Odessa, provinsi di selatan Ukraina. Hal tersebut dikonfirmasi oleh juru bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah.

“Benar, posisi saat ini masih proses imigrasi,” kata Teuku Faizasyah saat dihubungi, Ahad (27/2/2022).

Ketika Rusia menginvasi, dilaporkan terdapat 153 WNI di Ukraina. Sebanyak 82 di antaranya berada di ibu kota Kiev.

Pada konferensi pers, Sabtu (26/2) lalu, Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha menyebut Indonesia tengah menyiapkan pesawat dan tim evakuasi untuk mengeluarkan WNI dari daerah konflik.

“Kita akan bawa ke luar Ukraina menuju Polandia atau ke Rumania,” kata Judha, Sabtu (26/2) lalu.

WNI yang berada di Kiev dilaporkan berada di KBRI Kiev. KBRI Kiev pun memberikan pendampingan dan menyediakan tim konseling psikologis.

“Situasi sirine dan ledakan bom ini membuat mereka takut dan ini sangat manusiawi. Kami meminta tenang, tenang dan menyediakan tim konseling psikologis yang dilakukan secara virtual untuk membantu WNI selama menghadapi situasi krisis ini,” kata Judha.

Selain di Kiev, ada sembilan WNI yang disebut berada di kota Chernihiv dan empat orang di kota Kharkiv. Sedangkan yang lain tersebar di beberapa titik.

Chernihiv dan Kharkiv saat ini menjadi medan tempur pasukan Rusia dan Ukraina. Pada Ahad (27/2) pagi waktu setempat, pasukan Rusia dilaporkan telah mulai memasuki kota Kharkiv. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here