Kemenag Siapkan Petugas Khusus untuk Layani 62 Ribu Jemaah Haji Lansia

227
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Hilman Latief.

Surabaya, Muslim Obsession – Kementerian Agama akan menyediakan petugas khusus untuk menangani jemaah haji lanjut usia (lansia). Petugas haji tersebut nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jemaah lansia ini.

Hal ini dikatakan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief saat memaparkan Program Prioritas Pencapaian Visi dan Outlook 2023 pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama tahun 2023 di Surabaya, Ahad (4/2/2023).

“Berdasarkan data yang kami miliki bahwa tahun ini ada kurang lebih 62 ribu jemaah lanjut usia (lansia) yang harus kita fasilitas dan kita layani dengan baik, baik dari aspek ibadahnya maupun dari aspek layanan lainnya. Oleh karena itu kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan maupun layanan umumnya,” ungkap Hilman.

Terkait petugas haji, jelas Hilman, nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jemaah lansia ini. terlebih saat ini Kemenag mempunyai program Haji Ramah Lansia.

Selain program “Haji Ramah Lansia”, Kemenag juga sudah mempersiapkan Asrama Haji menjadi tempat yang ramah bagi jemaah haji berkebutuhan khusus.

Kemenag sendiri akan menggandeng Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang punya pusat studi untuk mengkaji jemaah haji inklusif ini.

“Persiapan asrama haji pada musim haji tahun ini adalah karena lebih banyak jemaah lansia yang akan berangkat akan ada sedikit modifikasi-modifikasi di asrama dan kami akan konsultasi juga dengan perguruan tinggi, PTKIN, yang punya pusat studi inklusif untuk jemaah haji berkebutuhan khusus agar asrama-asrama itu bisa ramah disabilitas,” jelas Hilman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here