Kemenag Gelar Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Quran

534

Semarang, Muslim Obsession – Kementerian Agama kembali menggelar Uji Kompetensi Pendidikan Al-Quran. Hal ini dilakukan melalui Standarisasi Guru Pendidikan Al-Quran.

Plt. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono mengatakan, langkah ini sebagai upaya meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Guru Pendidikan Al-Quran.

Menurutnya, Al-Quran merupakan kitab bacaan yang memiliki estetika yang unik. Dari bacaan itu lahirlah ilmu Tajwid yang dapat menghaluskan Al-Quran itu sendiri.

“Berbeda pengucapan dalam Al-Quran, dapat mengubah makna asli yang ada dalam Al-Quran bahkan berimplikasi teologis. Maka uji kompetensi Al-Quran menjadi penting,” tegas Waryono, Jumat (29/2/2024), saat memberikan sambutan online dalam Standarisasi Guru Pendidikan Al-Quran.Giat yang dipusatkan di Ungaran, Semarang ini berlangsung dari 29 Februari – 2 Maret 2024.

“Perlu juga adanya fasilitasi yang dapat mencakup sertifikasi kompetensi yang masif terhadap peningkatan kompetensi Al-Quran,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Kasubdit Pendidikan Al-Quran, Nurul Huda. Menurutnya, Penilaian Kompetensi Guru Pendidikan Al-Quran digelar dalam rangka memenuhi kewajiban lembaga untuk mengupload syahadah ketika mereka mengajukan perijinan, baik dalam pendirian, pembukaan, maupun perpanjangan.

“Peningkatan SDM Dosen Al-Quran pada Perguruan Tinggi Umum akan difasilitasi dalam program Kementerian Agama agar menjadi penyambung lidah dalam penguatan literasi Al-Quran,” tegas Nurul Huda.

Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Amin Handoyo, menyambut baik Program Peningkatan Kompetensi untuk Guru dan Dosen.

“Kami sangat berterima kasih bahwa Program Peningkatan Kompetensi Literasi Al-Quran untuk Guru dan Dosen dapat difasilitasi oleh Kementerian Agama,” ucap Amin Handoyo.

Kegiatan Standarisasi Guru Pendidikan Al-Quran diikuti 35 peserta dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sejunlah narasumber berasal dari institusi yang memiliki lembaga sertifikasi profesi dari BSNP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here