Kemah Moderasi, Ajang Kolaborasi dan Kerja Sama Umat Beragama

102
Direktur Penerangan Agama Islam Syamsul Bahri membuka kegiatan Kemah Moderasi di Bogor, Senin (29/11/21) malam. (Foto: kemenag)

Bogor, Muslim Obsession – Beragam perbedaan yang ada di Indonesia merupakan keniscayaan. Namun hal tersebut semestinya tidak perlu menghalangi umat beragama untuk berkolaborasi dan bekerjasama demi kemaslahatan bersama.

Demikian diungkapkan Direktur Penerangan Agama Islam Syamsul Bahri saat membuka kegiatan Kemah Moderasi di Bogor, Senin (29/11/21) malam.

“Indonesia indah karena kebhinnekaan. Jangan fokus pada perbedaan, tapi carilah persamaan agar kita bisa saling bekerja sama sebab yang dilihat oleh Tuhan adalah sebaik apa amal kita,” ujar Syamsul.

BACA JUGA: Kunjungi Arab Saudi, Menag Yaqut Ajak Sebarkan Moderasi Beragama

Kemah Moderasi yang diinisiasi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam ini berlangsung mulai 28 November sampai 1 Desember 2021 dan dihadiri puluhan peserta lintas agama.

Syamsul yang hadir mewakili Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, kegiatan ini menjadi bukti persatuan umat beragama di Tanah Air, dengan tanpa melihat perbedaan yang dimiliki.

“Kemah Moderasi ini bukti nyata umat beragama hadir tanpa melihat baju masing-masing. Kita tampil moderat dalam beragama, untuk saling mengasihi, menjaga, memberi, dan saling tersenyum di antara kita,” jelasnya.

BACA JUGA: Tiga Tantangan Moderasi Beragama di Indonesia

Kemah Moderasi yang mengangkat tema “Mengusung Moderasi Mencipta Harmoni” ini diikuti peserta dengan berbagai latar belakang. Mulai dari penyuluh, mahasiswa, hingga perwakilan ormas lintas agama.

“Kemah Moderasi membuktikan bahwa berbeda agama bukan bermakna permusuhan. Kita hadir dalam satu senyum,” imbuhnya.

Dalam pembukaan Kemah Moderasi ini, ditampilkan penampilan selawat dari Grup Selawat Direktorat Penerangan Agama Islam dan penampilan lagu Kristen oleh umat Kristiani.

Kemah Moderasi ini juga menampilkan produk unggulan hasil inovasi bimbingan dan penyuluhan para Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional Tahun 2021.

Puncak Kemah Moderasi ini rencananya akan dilakukan Penanaman Pohon Harapan dan Simbol Batu Prasasti Moderasi. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here