Jumlah Istri Nabi Muhammad ﷺ dan Biografi Singkatnya

559

1. Khadijah radhiyallahu ‘anha

Nama lengkapnya adalah Khadijah bintu Khuwailid bin Asad al-Quraisyiyyah. Nasabnya bertemu dengan Nabi Muhammad ﷺ pada kakeknya Ibn Kilab. Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad ﷺ yang dinikahi pada saat usia 40 tahun, sedangkan Nabi saat itu berusia 25 tahun.

Pernikahan mereka terjadi sebelum Nabi diangkat menjadi seorang Rasul. Semenjak menikah dengan Khadijah, Nabi tidak menikah dengan perempuan lain sampai Khadijah wafat. Dari rahim Khadijah, lahir seluruh keturunan Nabi Muhammad selain dari Ibrahim yang merupakan anak dari Mariyah Al-Qibthiyyah.

  1. Saudah radhiyallahu ‘anha

Nama lengkapnya adalah Saudah bintu Zam’ah bin Qais. Nasabnya bertemu dengan Nabi Muhammad ﷺ pada kakeknya yang bernama Luaiy bin Ghalib. Sebelumnya, Saudah adalah istri dari Sukran bin ‘Amr.

Saudah menikah dengan Nabi Muhammad ﷺ beberapa saat setelah Khadijah wafat. Keduanya melangsungkan akad di Makkah dan mahar yang diberikan Nabi kepada Saudah saat itu adalah 400 dirham.

  1. ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha

Adalah putri dari Abu Bakar Al-Shiddiq yang sudah masuk Islam semenjak Rasulullah ﷺ diangkat sebagai Rasul. Ayahnya sendiri yang menikahkannya dengan Nabi Muhammad ﷺ di usianya yang baru berumur 6 tahun. Meskipun begitu Nabi berkumpul dengan ‘Aisyah di umurnya yang ke-9 tahun. Mahar yang diberikan oleh Nabi kepada ‘Aisyah sebanyak 400 dirham dan ia menjadi satu-satunya perawan yang dinikahi Nabi semasa hidupnya.

Terdapat keterangan yang menyebut bahwa ‘Aisyah pernah dilamar oleh Muth’im bin ‘Ady namun lamaran tersebut ditolak. Keterangan ini masih diperdebatkan kebenarannya oleh ulama.

  1. Hafshah radhiyallahu ‘anha

Hafshah adalah putri sahabat Nabi, ‘Umar bin al-Khaththab. Sebelumnya, Hafshah pernah menikah dengan Khunais bin Khudzafah al-Sahmi. Nabi menikahinya pada tahun ke-2 atau ke-3 Hijriyah. Hafshah meninggal di usia ke-45 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here